Selasa 27 Aug 2024 15:14 WIB

Taman Surga Al-Muqarromah: Kabah di Timur Indonesia

Berwisata religi ke Taman Surga Suku Bajo Buton Tengah

Red: Erdy Nasrul
Foto udara masjid Taman Surga Al Muqorramah yang terletak di tengah-tengah perkampungan Suku Bajo di Dusun Kaudalani, Desa Tanailandu, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Jumat (22/3/2024). Masjid berbentuk kabah tersebut dibangun di tengah laut oleh Yayasan Masjid Nusantara agar masyarakat yang mayoritas Suku Bajo bisa beribadah di tempat tersebut.
Foto:

Meskipun demikian, tidak semua fasilitas di darat bisa ditemui di Kampung Bajo itu, salah satunya fasilitas penerangan. Saat ini cuma masjid itu yang memiliki lampu dan mendapat aliran listrik dari darat, sementara rumah-rumah warga masih menggunakan pelita.

"Kabel listriknya dari darat, dibuatkan tiang kayu sebagai penyangga kabel, jaraknya mungkin lebih 1 kilometer, saat ini masih masjid dan ke depan semoga rumah warga juga sudah punya listrik," kata Rafiudin, sembari memperlihatkan deretan kayu yang tertancap di laut.

Selain listrik, kebutuhan pendidikan dan kesehatan juga menjadi prioritas kebutuhan warga di kampung terapung itu, karena sebagian besar mereka tidak sekolah.

photo
Jamaah masuk kedalam masjid Taman Surga Al Muqorramah untuk melaksanakan salat jumat di Dusun Kaudalani, Desa Tanailandu, Buton Tengah, Sulawesi Tenggara, Jumat (22/3/2024). Masjid berbentuk kabah tersebut dibangun di tengah laut oleh Yayasan Masjid Nusantara agar masyarakat yang mayoritas Suku Bajo bisa beribadah di tempat tersebut. - (ANTARA FOTO/Jojon)

"Semua anak-anak di sini buta huruf, ada sekolah, tapi tidak ada gurunya, ada posyandu yang tenaga kesehatan setiap bulan datang, saat ini anak-anak Bajo mulai rajin mengaji di masjid," katanya.