Selasa 27 Aug 2024 15:50 WIB

Sinergi Kelompok Usaha Indonesia Beri Apresiasi Atlet dan Pelatih Peraih Medali Olimpiade

Sinergi pengusaha dan BUMN ini dikoordinir oleh CdM Tim Indonesia Anindya Bakrie.

Rep: Fitriyanto/ Red: Israr Itah
Acara
Foto: dok CdM Indonesia
Acara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Chef de Mission (CdM) Tim Indonesia untuk Olimpiade 2024 Paris, Anindya Novyan Bakrie memberikan apresiasi untuk para atlet dan pelatih yang berhasil membawa pulang medali dari pesta olahraga sejagat itu. Anin tak sendirian, melainkan mengajak sejumlah perusahaan dan BUMN memberikan penghargaan tersebut dalam acara di The Convergence Indonesia, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (26/8/2024) malam.

Dalam acara bertajuk 'Malam Apresiasi untuk Atlet dan Pelatih Peraih Medali Olimpiade Paris 2024 dari Sinergi Kelompok Usaha Indonesia', Anin mengumumkan atlet peraih medali mendapatkan apresiasi uang dan rumah di kampung halaman masing-masing.

Baca Juga

"Untuk atlet peraih medali dapat rumah dari Real Estat Indonesia yang akan dibangun di kampung halaman masing-masing. Selain atlet peraih medali mendapatkan uang, atlet yang lolos kualifikasi juga akan mendapat apresiasi," kata pria yang juga pemilik klub Oxford United ini.

Anin menjelaskan, untuk peraih medali emas mendapatkan Rp 1 miliar dan pelatih Rp 500 juta. Untuk peraih medali perunggu Rp 350 juta dan pelatih Rp 150 juta.

Tim Indonesia berhasil mencetak sejarah dengan meraih dua medali emas dan satu medali perunggu. Dalam sejarah ikut serta Olimpiade, kali pertama Indonesia meraih dua emas dari dua cabang olahraga berbeda yakni angkat besi dan panjat tebing. Sedangkan pada Olimpiade 1992 Barcelona, Indonesia berhasil meraih dua medali emas dari satu cabang olahraga bulu tangkis.

Pada Olimpiade 2024 Paris, Tim Indonesia mendapat dua medali emas dari Veddriq Leonardo di cabang sport climbing dan Rizki Juniansyah dari angkat besi kelas 73 kg. Medali perunggu dipersembahkan Gregoria Mariska Tunjung dari bulu tangkis nomor tunggal putri.

Rizki yang berusia 21 tahun juga mengukir sejarah sebagai lifter pertama Indonesia yang berhasil meraih medali emas di ajang Olimpiade. Selain itu, Rizki juga sekaligus mencatatkan namanya sebagai pemegang Olympic Record untuk clean and jerk dengan angkatan 199 kilogram.

Sebagai pengusaha sekaligus CdM Tim Indonesia di Paris 2024, Anin berinisiatif melakukan sinergi antara kelompok usaha swasta dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) demi mendukung atlet Indonesia yang berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Selain sinergi kelompok usaha, malam ini juga menjadi sinergi para pembina dan pengurus olahraga Indonesia dengan kehadiran Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Umum Komite Olahraga Indonesia (KOI) Raja Sapta Okto, dan Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat Bapak Letjen TNI Purn Marciano.

Turut hadir Ketum PB PJSI Jendral TNI Maruli Simanjuntak, Ketum PB Persani Ita Yuliati, Ketum PB ISSI yang diwakili Karo PID Divhumas Polri, Brigjen. Pol. Tjahyono Saputro, Waketum PB PSOI Andrew Mawikere, Sekjen PB Perpani Irawadi. Bergabung secara virtual Ketum FPTI Yenny Wahid, Ketum PABSI Rosan Roeslani.

Apresiasi ini berasal dari para kontributor antara lain PT Freeport Indonesia, Bank Mandiri, PT Pertamina Persero, Real Estat Indonesia, PT Bumi Resources, AMMAN Mineral Nusa Tenggara, PT Energi Mega Persada, Sinar Mas. Anin menggandeng para pengusaha, baik swasta maupun pemerintah untuk bersinergi mendukung Tim Indonesia pada ajang Olimpiade 2024 Paris.

Secara simbolis apresiasi untuk Rizki diberikan oleh Darmawan Junaidi (Bank Mandiri Persero Tbk), Adika Nuraga Bakrie (PT Bumi Resources). Untuk apresiasi medali emas Veddriq diberikan oleh Jenpino Ngabdi (Wakil Direktur PT Freeport Indonesia) dan Syailendra Bakrie (Direktur Utama PT Energi Mega Persada Tbk).

Wakil Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi mengatakan Freeport Indonesia bangga dapat terus mendukung prestasi olahraga Indonesia. Salah satunya melalui sponsorship kepada atlet dan pelatih yang berlaga dalam Olimpiade Paris 2024.

"Kami ucapkan selamat kepada para atlet yang telah berdedikasi dan berjuang membawa nama Indonesia di tingkat internasional," kata Jenpino.

Sedangkan apresiasi medali perunggu Gregoria diberikan Nicke Widyawati (Direktur Utama PT Pertamina Persero) dan Rachmat Makkasau (Direktur Utama PT Amman Mineral Nusa Tenggara)

Ketum Real Estat Indonesia Djoko Suranto menyerahkan hadiah rumah kepada atlet peraih medali yakni Veddriq, Rizki, dan Gregoria. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement