Selasa 27 Aug 2024 17:50 WIB

Penaklukan yang Sukses Ini Pernah Dinubuatkan Rasulullah SAW

Rasulullah SAW selalu mendoakan umatnya.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Nabi Muhammad (ilustrasi)
Foto:

4. Penaklukan Mesir

Penaklukan Mesir ini terjadi pada masa kekhalifahan Umar bin Khattab, di bawah kepemimpinan panglima Amr bin Ash pada tahun 641 M. Mesir kemudian menjadi salah satu pusat kekuatan Islam dan menyebarkan pengaruh Islam ke wilayah-wilayah sekitarnya.

Penaklukan dimulai ketika pasukan Muslim memasuki Mesir pada tahun 639 M melalui rute yang sekarang dikenal sebagai Semenanjung Sinai. Amr bin Ash memimpin pasukan kecil yang awalnya terdiri dari sekitar 4 ribu orang (sumber lain ada yang menyebut 6 ribu. Mesir pada saat itu diperintah oleh Cyrus, yang juga menjadi kepala pemerintahan sipil dan militer Bizantium di sana.

Setelah jatuhnya Alexandria, seluruh Mesir secara efektif berada di bawah kendali Kekhalifahan Rasyidin. Amr bin Ash kemudian ditunjuk sebagai gubernur pertama Mesir di bawah pemerintahan Islam.

Penaklukan ini membawa perubahan besar bagi Mesir, termasuk penyebaran Islam, integrasi ke dalam dunia Islam, dan perubahan bahasa serta budaya seiring berjalannya waktu. Mesir menjadi salah satu pusat intelektual dan ekonomi penting di dunia Islam selama berabad-abad setelah penaklukan ini.