Selasa 27 Aug 2024 19:05 WIB

Ribuan Warga Gaza Palestina di Sejumlah Titik Manfaatkan Instalasi Air Bersih

Instalasi air bersih merupakan bantuan NU Care-LAZISNU PBNU

Red: Nashih Nashrullah
Bantuan instalasi air bersih NU Care-LAZISNU-PBNU
Foto: Dok Istimewa
Bantuan instalasi air bersih NU Care-LAZISNU-PBNU

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Sekitar 3 ribu warga pengungsi di Palestina kini dapat memanfaatkan air bersih berkat instalasi atau pemasangan pipa air bersih oleh NU Care-LAZISNU.

Pemasangan instalasi air bersih ini dilakukan melalui mitra NU Care-LAZISNU PBNU di beberapa titik di Gaza, Palestina.

Baca Juga

“Alhamdulillah, NU Care-LAZISNU melalui mitra penyalurnya di Gaza, Palestina kembali menyalurkan bantuan instalasi air bersih untuk 3.000 pengungsi di Kamp Pengungsian Al Mawasi, Gaza,” kata Direktur Eksekutif NU Care-LAZISNU, Qohari Cholil, Selasa (27/08/2024).

Pemasangan instalasi air bersih tersebut dilakukan relawan mitra NU Care-LAZISNU pada 30 Juli hingga 21 Agustus 2024. Pihaknya menegaskan pemasangan instalasi ini memudahkan para pengungsi untuk mengakses air.

Qohari kembali menyebutkan bantuan instalasi air bersih sangat penting bagi warga Gaza dan Tepi Barat. Jalur Gaza berada dalam krisis kemanusiaan, termasuk kebutuhan air, sejak Israel memutus pasokan air dan listrik pada 7 Oktober 2023.

Bantuan pemasangan instalasi air bersih ini melengkapi penyalura bantuan yang dilakukan sebelumnya oleh NU Care-LAZISNU. Di antaranya bantuan berupa paket nutrisi bagi anak-anak di Gaza dan Tepi Barat pada Rabu, 14 Agustus 2024.

“Adapun jumlah bantuan sebanyak 100 paket atau untuk 100 keluarga. Pada setiap keluarga berisi rata-rata 7 anak sehingga bantuan ini menyasar total sekitar 700 anak,” kata Qohari.

Selain itu, bantuan sebelumnya dari NU Care-LAZISNU yakni pada 31 Juli 2024 berupa paket air bersih sebanyak 50 ribu liter yang menyasar warga di Gaza dan Tepi Barat, serta bantuan kebutuhan makanan pokok.

BACA JUGA: Nubuat Masa Depan Rasulullah SAW Terbukti, 3 Fenomena Umat Akhir Zaman Ini Terjadi

Qohari menyampaikan terima kasih kepada para warga Indonesia yang telah dan terus mepercayakan penyaluran bantuan untuk rakyat Palestina melalui NU Care-LAZISNU.

Ungkapan terima kasih juga disampaikannya kepada relawan yang terjun langsung menyampaikan bantuan NU Care-LAZISNU kepada pengungsi Palestina.

“Bantuan-bantuan dari NU Care-LAZISNU adalah wujud komitmen kepedulian NU kepada rakyat Palestina yang menjadi korban genosida Israel,” kata Qohari.

Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) melalui NU Care-LAZISNU juga mengajak masyarakat untuk menyalurkan bantuan dana kemanusiaan yang dapat disalurkan melalui laman crowdfunding nucare.id/program/pedulipalestina.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Yuk Ngaji Hari Ini
وَعَدَ اللّٰهُ الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا مِنْكُمْ وَعَمِلُوا الصّٰلِحٰتِ لَيَسْتَخْلِفَنَّهُمْ فِى الْاَرْضِ كَمَا اسْتَخْلَفَ الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِهِمْۖ وَلَيُمَكِّنَنَّ لَهُمْ دِيْنَهُمُ الَّذِى ارْتَضٰى لَهُمْ وَلَيُبَدِّلَنَّهُمْ مِّنْۢ بَعْدِ خَوْفِهِمْ اَمْنًاۗ يَعْبُدُوْنَنِيْ لَا يُشْرِكُوْنَ بِيْ شَيْـًٔاۗ وَمَنْ كَفَرَ بَعْدَ ذٰلِكَ فَاُولٰۤىِٕكَ هُمُ الْفٰسِقُوْنَ
Allah telah menjanjikan kepada orang-orang di antara kamu yang beriman dan yang mengerjakan kebajikan, bahwa Dia sungguh, akan menjadikan mereka berkuasa di bumi, sebagaimana Dia telah menjadikan orang-orang sebelum mereka berkuasa, dan sungguh, Dia akan meneguhkan bagi mereka dengan agama yang telah Dia ridai. Dan Dia benar-benar mengubah (keadaan) mereka, setelah berada dalam ketakutan menjadi aman sentosa. Mereka (tetap) menyembah-Ku dengan tidak mempersekutukan-Ku dengan sesuatu apa pun. Tetapi barangsiapa (tetap) kafir setelah (janji) itu, maka mereka itulah orang-orang yang fasik.

(QS. An-Nur ayat 55)

Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement