Rabu 28 Aug 2024 09:30 WIB

Saudi Kecam Rencana Pembangunan Sinagog di dalam Kompleks Masjid Al-Aqsa

Masjid Al-Aqsa menjadi tempat suci ketiga umat Islam

Red: A.Syalaby Ichsan
Masjid al-Aqsa
Foto: AP Photo/Leo Correa
Masjid al-Aqsa

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Kementerian Luar Negeri Arab Saudi pada Selasa (27/8/2024), mengecam kepala keamanan nasional Israel Itamar Ben-Gvir yang menyerukan pembangunan sinagog di Gunung Bait Suci di Yerusalem, yang menjadi lokasi kompleks Masjid Al-Aqsa.

"Kementerian Luar Negeri menyampaikan kecaman Kerajaan Arab Saudi terkait pernyataan salah satu kepala departemen di pemerintahan pendudukan Israel yang menyerukan pembangunan sinagog di Masjid Al-Aqsa," kata Kemlu melalui pernyataan.

Baca Juga

Ben-Gvir, yang merupakan garis keras Israel, pada Senin (26/8), mengatakan akan membangun sinagog di Gunung Bait Suci untuk memastikan kesetaraan hak bagi orang Yahudi dan Muslim.

photo
Menteri Israel Itamar ben Gvir menerabas Masjid al-Aqsa pada Selasa (13/8/2024). - (twitter/x)

Pihak kerajaan mengaku secara tegas menolak pernyataan "ekstremis dan provokatif" semacam itu. Saudi meminta dunia untuk mendorong diakhirinya bencana kemanusiaan di wilayah-wilayah Palestina.

Gunung Bait Suci atau Temple Mount, yang dikenal di kalangan umat Islam sebagai Haram al-Sharif, merupakan situs tersuci ketiga dalam Islam dan diawasi lembaga keagamaan Wakaf Islam.

Meski orang Yahudi kini diperbolehkan mengunjungi situs tersebut, namun mereka dilarang berdoa di sana untuk menghindari ketegangan antara orang-orang Yahudi dan Muslim.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement