Rabu 28 Aug 2024 10:43 WIB

KPK akan Proaktif Klarifikasi ke Kaesang Soal Isu Penggunaan Jet Pribadi

Alex menyebut penggunaan jet pribadi oleh Kaesang sudah menjadi atensi masyarakat.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Andri Saubani
Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep. Kesang belakangan tengah menjadi sorotan masyarakat atas isu penggunaan jet pribadi.
Foto:

Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan juga akan bakal memeriksa status penerbangan Kaesang Pangarep dan istrinya Erina Gudono yang diduga tidak mengikuti prosedur pemeriksaan bea cukai “Terkait status penerbangan di video tersebut masih kami cek,” kata Direktur Komunikasi dan Bimbingan Pengguna Jasa Bea Cukai Nirwala Dwi Heriyanto saat dihubungi di Jakarta, Senin (26/8/2024).

Sebelumnya, beredar video yang menunjukkan Kaesang dan Erina turun dari sebuah jet pribadi. Keduanya membawa sejumlah tas belanja yang seluruhnya langsung dibawa masuk ke mobil.

Video itu diunggah oleh seorang warganet pada Ahad (26/8/2024) yang kemudian viral. Merespons video itu, netizen mencurigai Kaesang dan Erina tidak mengikuti prosedur pemeriksaan bea cukai yang seharusnya dilalui warga negara ketika membawa barang dari luar negeri.

Menurut Nirwala, pemeriksaan bea cukai dilakukan untuk penerbangan internasional. Sementara penerbangan domestik tidak perlu melalui pemeriksaan kepabeanan.