Rabu 28 Aug 2024 11:00 WIB

Turki: Seruan Bangun Sinagoge di Masjid Al Aqsa Ancam Stabilitas Global

Turki meminta komunitas internasional dapat mengambil tindakan militer Israel.

Red: Ani Nursalikah
Supermoon di belakang kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Senin, 19 Agustus 2024.
Foto: AP Photo/Leo Correa
Supermoon di belakang kuil Kubah Batu di kompleks Masjid Al Aqsa di Kota Tua Yerusalem, Senin, 19 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Seruan kepala otoritas keamanan Israel Itamar Ben-Gvir untuk membangun sinagoge di kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dinilai akan menimbulkan ancaman terhadap stabilitas regional dan global, kata Kementerian Luar Negeri Turki.

"Pernyataan Menteri Keamanan Nasional Israel, Itamar Ben-Gvir, mengenai pembangunan sinagoge di Masjid Al-Aqsa adalah contoh baru dan sangat berbahaya dari upaya Israel untuk mengubah status dan identitas Yerusalem serta tempat suci di Yerusalem," kata Kemenlu Turki melalui sebuah pernyataan pada Selasa (27/8/2024).

Baca Juga

Kemenlu Turki menambahkan bahwa serangan yang terus dilakukan Israel terhadap rakyat Palestina semakin mengancam stabilitas regional dan global setiap harinya.

Ankara meminta komunitas internasional dapat mengambil tindakan untuk bisa menghentikan operasi Israel di Jalur Gaza dan melindungi rakyat Palestina.

Kompleks Masjid Al Aqsa di Bukit Bait Suci, yang juga dikenal umat Islam sebagai Haram al-Sharif, adalah situs tersuci ketiga dalam Islam.

Meski warga Yahudi kini diperbolehkan mengunjungi situs tersebut, tetapi mereka dilarang beribadah di sana karena berpotensi menimbulkan ketegangan antara umat Yahudi dan kaum Muslim.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement