Rabu 28 Aug 2024 11:54 WIB

Ingin Bangun Kuil di Masjid al-Aqsha, Israel Sembelih Sapi Merah sebelum April 2025?

Kaum Yahudi ekstrem di Israel meyakini pentingnya ritual penyembelihan sapi merah.

Red: Hasanul Rizqa
Ritual pengurbanan Sapi Merah. (ilustrasi)
Foto:

Sapi merah atau red heifer yang dimaksud, menurut keterangan Temple Institute, mesti sempurna. Dalam arti, lembu-lembu itu haruslah berwarna merah murni. “Tidak ada dua helai bulu pun yang warnanya berbeda (bukan merah), dan tidak ada cacat sedikit pun,” demikian Forward.com melansir dari laman Temple Institute.

Red heifer juga mesti betina; belum pernah melahirkan anak; tidak pernah dipakai untuk bekerja; tidak pernah dipakaikan pelana atau tusukan hidung; serta tidak pernah diambil air susunya.

Rencana penyembelihan sapi merah bukanlah sebuah keinginan yang baru. Kaum Yahudi Heredi sudah berusaha melakukannya setidaknya sejak ribuan tahun silam. Menurut tradisi lisan orang-orang ini, hanya lima sapi merah yang berhasil ditemukan dan kemudian disembelih sejak zaman Nabi Musa hingga hancurnya Haikal Sulaiman II pada era Romawi, sekitar dua ribu tahun lalu.

Ritual ini mengharuskan bahwa sapi merah disembelih pada usia tertentu. Bila Temple Institute benar merencanakan penyembelihan tepat pada hari Idul Fitri 1445 H, berarti hewan ini mesti dikurbankan sebelum April 2025. Artinya, ada jangka waktu sekira satu tahun sejak 10 April 2024.