Rabu 28 Aug 2024 21:04 WIB

Pesan Nabi Muhammad tentang Akibat Menganggur

Nabi Muhammad memberikan pernyataan tentang dampak menganggur.

Red: Muhammad Hafil
Orang yang menganggur membutuhkan pekerjaan (ilustrasi).
Foto: Dok. Freepik
Orang yang menganggur membutuhkan pekerjaan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Rasulullah SAW pernah mengingatkan tentang dampak bagi pengangguran. Dalam sebuah hadits disebutkan:

"Pengangguran menyebabkan hati keras (keji dan membeku)." (HR Asysyihaab).

Baca Juga

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah II menjelaskan, manusia adalah makhluk yang diberikan akal oleh Allah. Dengan akal itulah manusia bisa melakukan dan berbuat yang bermanfaat bagi dirinya ataupun bagi orang lain.

Allah SWT berfirman dalam Alquran tentang kelebihan yang dimiliki dalam surat Al Isra ayat 70:

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًاࣖ 

walaqad karramnâ banî âdama wa ḫamalnâhum fil-barri wal-baḫri wa razaqnâhum minath-thayyibâti wa fadldlalnâhum ‘alâ katsîrim mim man khalaqnâ tafdlîlâ

Sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam dan Kami angkut mereka di darat dan di laut. Kami anugerahkan pula kepada mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk yang Kami ciptakan dengan kelebihan yang sempurna.

"Untuk itu, rasanya kalau manusia mau kreatif dan menggunakan akalnya, rasanya menganggur adalah suatu hal yang tidak perlu dialaminya, menganggur adalah kesia-siaan. Bahkan Rasulullah menyebutkan bahwa menganggur mengakibatkan hati menjadi beku dan keras," tulis Buya Alfis.

Pernah suatu ketika saat Nabi mengisi sebuah majelis, kemudian seorang sahabat meninggalkan majelis tersebut. Sahabat lainnya pun mengadu kepada Rasulullah perihal itu, dan Rasulullah berkata, "Jika dia pergi dari majelisku untuk bekerja, dia fi sabilillah,". 

Artinya, hal demikian merupakan penegasan Nabi tentang pentingnya bekerja dalam memenuhi kebutuhan hidup dalam Islam

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement