Kamis 29 Aug 2024 06:18 WIB

Pejuang Palestina Bangkit Adang Israel di Tepi Barat

Otoritas Palestina menyebut serangan ke Tepi Barat sebagai pernyataan perang.

Red: Fitriyan Zamzami
Orang-orang bersenjata menembakkan senjatanya saat pemakaman tiga warga Palestina yang tewas akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Tulkarem, Tepi Barat yang diduduki, Kamis, 22 Agustus 2024.
Foto: AP Photo/Majdi Muhammad
Orang-orang bersenjata menembakkan senjatanya saat pemakaman tiga warga Palestina yang tewas akibat serangan udara Israel di kamp pengungsi Tulkarem, Tepi Barat yang diduduki, Kamis, 22 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID,  TEPI BARAT – Otoritas Palestina mengecam serangan besar-besaran Israel ke Tepi Barat pada Rabu dan menyamakan tindakan itu sebagai pernyataan perang. Sementara para pejuang Palestina melakukan perlawanan sengit terhadap agresi besar-besaran yang dilakukan oleh pasukan penjajahan Israel.

Mereka terlibat dalam konfrontasi sengit yang mencakup meledakkan alat peledak di berbagai sumbu tempur di mana kendaraan pendudukan Israel menyerang. Menurut koresponden Almayadeen di Tepi Barat, pasukan pendudukan Israel menyerbu kota Anabta, sebelah timur Tulkarm, di mana pasukan pendudukan mengerahkan bala bantuan militer tambahan yang masuk melalui poros utara Tulkarm menuju kamp Nur Shams.

Baca Juga

Sumber lapangan di Tepi Barat melaporkan konfrontasi baru antara pejuang kemerdekaan Perlawanan dan pasukan pendudukan Israel di kamp Far'a, di selatan Tubas, sebuah wilayah yang terletak di utara Tepi Barat.

Meliput agresi di kamp Far'a, koresponden Almayadeen melaporkan bahwa Perlawanan meledakkan alat peledak terhadap pasukan pendudukan yang menyerbu kamp tersebut. Ia mengkonfirmasi bahwa pasukan pendudukan Israel dengan kejam menyerbu rumah warga Palestina di kamp Far'a dan membuldoser jalan-jalan di kamp tersebut, menghancurkan infrastruktur yang telah menjadi praktik rutin pendudukan Israel.

Di Tulkarem, Perlawanan Palestina menghadapi pasukan pendudukan yang menyerang kamp Nur Shams, lapor koresponden kami lebih lanjut. Di Qalqilya, koresponden Almayadeen melaporkan kampanye penahanan skala besar terhadap warga Palestina di kota tersebut.

Brigade al-Quds - Brigade Tulkarm mengumumkan bahwa pejuang kemerdekaannya berhasil menargetkan dan menjatuhkan drone pendudukan Israel di poros al-Manshieh. Brigade tersebut juga menargetkan posisi penembak jitu yang bercokol di dalam sebuah rumah di kamp Nur Shams dan "menghujani mereka dengan hujan peluru langsung," dan berhasil memastikan sasarannya.

Selain itu, para pejuang kemerdekaan meledakkan alat peledak yang sudah ditanam sebelumnya di buldoser pasukan pendudukan Israel di kamp Nur Shams di bundaran Martir Seif Abu Lebdeh, sehingga menimbulkan serangan langsung.

Alat peledak lainnya diledakkan oleh Brigade al-Quds yang menargetkan buldoser IDF di sepanjang jalan utama, yang dikenal sebagai poros rumah jagal, menyebabkan korban langsung di kalangan tentara pendudukan dan menyebabkan kendaraan tersebut tidak dapat digunakan.

photo
Pasukan Israel bergerak di jalan selama operasi militer di kamp pengungsi Tepi Barat Al-Faraa, Rabu, 28 Agustus 2024. - (AP Photo/Nasser Nasser)

Brigade Syuhada al-Aqsa di Tulkarem juga terlibat dalam konfrontasi sengit dengan pasukan pendudukan Israel yang menyerang di kamp Nur Shams menggunakan beberapa sumbu, menggunakan peluru dan alat peledak.

Di Tubas, Brigade al-Quds menegaskan bahwa pejuang kemerdekaan mereka melawan serangan pasukan pendudukan Israel melalui berbagai sumbu tempur di kamp Far'a, khususnya di sepanjang apa yang dikenal sebagai poros Beirut.

Brigade Martir al-Aqsa-Tubas mengumumkan bahwa mereka juga melanjutkan konfrontasi sengit dengan pasukan pendudukan Israel di kamp Far'a dengan menggunakan senjata ringan dan alat peledak, terutama di sepanjang apa yang dikenal sebagai poros lingkungan konfrontasi.

Brigade tersebut menjelaskan bahwa pejuang mereka terlibat dalam pertempuran langsung dengan IDF dan telah meledakkan beberapa alat peledak yang telah disiapkan sebelumnya terhadap kendaraan militer Israel, sehingga menyebabkan kerusakan.

Selain itu, Brigade Martir al-Aqsa di Tubas menegaskan bahwa pejuang kemerdekaan terus melakukan konfrontasi sengit “melawan pasukan musuh di kamp Faraa”, dengan peluru dan alat peledak.

Brigade tersebut dilaporkan meledakkan alat peledak yang disebut al-Khaled yang menargetkan tentara pendudukan Israel di Jalan al-Habala, yang mengakibatkan banyak korban di antara pasukan penyerang.

Dengan intensitas yang sama di Tulkarem dan Tubas, Perlawanan terlibat dalam konfrontasi dan melaksanakan operasi di Jenin. Brigade al-Quds - Brigade Jenin mengumumkan bahwa pejuang kemerdekaannya terlibat dalam konfrontasi sengit dengan pasukan pendudukan Israel di front barat dan "menghujani pasukan dan kendaraan Israel dengan hujan peluru," menghasilkan serangan langsung.

Brigade Martir al-Aqsa mengumumkan, dalam beberapa pernyataan militer, bahwa kelompok mereka di kota Jenin dan kampnya menghadapi pasukan pendudukan dengan senapan dan alat peledak, melakukan serangan langsung terhadap pasukan pendudukan.

Brigade Martir al-Aqsa-Kelompok Martir Abu Ali Iyad melaporkan bahwa pejuang kemerdekaan mereka berhasil menargetkan pasukan pendudukan yang menyerang di kota Jenin dan kampnya dari semua lini, melakukan serangan langsung terhadap pasukan pendudukan Israel setelah menyerang mereka dengan beberapa alat peledak dan rentetan peluru yang besar.

Selain itu, Brigade Martir al-Aqsa meledakkan beberapa alat peledak yang telah disiapkan sebelumnya yang menargetkan tentara dan kendaraan pendudukan di kapak tempur di kota Jenin dan kampnya, sehingga menghasilkan serangan langsung.

photo
Peta Tepi Barat - (Republika)

Sebaliknya, media Israel membahas agresi baru Israel terhadap Tepi Barat yang diduduki dan menggarisbawahi konfrontasi yang kuat dan sengit yang dilakukan oleh Perlawanan Palestina.

Surat kabar Israel Israel Hayom mengakui konfrontasi bersenjata berat dan intens yang terjadi di Tepi Barat bagian utara ketika pasukan pendudukan Israel melancarkan agresi mereka. 

Sementara itu, Channel 12 mengkonfirmasi intensitas konfrontasi bersenjata dan penggunaan alat peledak terhadap pasukan pendudukan Israel yang menyerbu di bagian utara Tepi Barat, dengan menyebutkan bahwa "empat brigade Polisi Perbatasan berpartisipasi dalam operasi militer yang sedang berlangsung."

Mengenai agresi pendudukan Israel di wilayah tersebut sejak Selasa malam, sebuah platform media Israel melaporkan bahwa pasukan pendudukan Israel telah melancarkan apa yang digambarkannya sebagai "operasi militer skala besar dengan nama Operasi Kamp Musim Panas."

Pasukan pendudukan Israel menyatakan bahwa "sejak Rabu dini hari, mereka telah memulai operasi militer skala besar yang menargetkan militan di Jenin, Tulkarem, dan Tubas di bagian utara Tepi Barat."

Media Israel juga melaporkan bahwa Badan Keamanan Israel, yang dikenal sebagai Shin Bet, dan unit penyamaran khusus, unit al-Mustaaribeen, telah bergabung dengan pasukan pendudukan Israel dalam operasinya, di samping penggunaan helikopter dan jet tempur secara ekstensif.

Sebagai tanggapan, faksi-faksi Perlawanan Palestina telah mengumumkan peluncuran pertempuran Teror Kamp untuk menghadapi agresi Israel yang meluas, melalui keterlibatan dalam konfrontasi dan operasi di wilayah utara Tepi Barat.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement