Kamis 29 Aug 2024 10:36 WIB

Tandatangani MoU dengan Meta4sec, Cyber University Perkuat Keahlian Bidang Keamanan Siber

Kolaborasi diharapkan meningkatkan kemampuan mahasiswa di bidang keamanan siber.

Red: Friska Yolandha
Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University dan Komunitas Ethical Hacker terkemuka, Meta4sec, meresmikan kerja samanya melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).
Foto: dok Republika
Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University dan Komunitas Ethical Hacker terkemuka, Meta4sec, meresmikan kerja samanya melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Universitas Siber Indonesia atau yang lebih dikenal dengan Cyber University dan Komunitas Ethical Hacker terkemuka, Meta4sec, meresmikan kerja samanya melalui penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan tersebut dilakukan di Gedung Cyber University jl. TB Simatupang, Kota Jakarta Selatan, pada Selasa (27/8/2024).

Penandatanganan ini dihadiri Rektor Cyber University, Gunawan Witjaksono, dan Co-founder Meta4sec, Ardian Oktadika. Kolaborasi ini bertujuan untuk memperkuat pengembangan keahlian dan pengetahuan di bidang keamanan siber.

Baca Juga

"Kolaborasi ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang luas, baik bagi mahasiswa, dosen, dan profesional di bidang keamanan siber, yang dapat meningkatkan ketahanan siber bagi negara dan bangsa," kata Gunawan, dalam keterangan tertulis, Kamis (29/8/2024).

MoU ini melanjutkan kesuksesan awal dari kegiatan Sharing Session bertajuk “Roadmap for a Successful Career in Cyber Security” yang diadakan pada Juli 2024 yang lalu. Acara tersebut menarik perhatian besar dari mahasiswa dan profesional, menegaskan pentingnya pengembangan karir dan keterampilan di bidang keamanan siber.

Sementara itu, Agus Trihandoyo, selaku Wakil Rektor Bidang Akademik Cyber University, menyebut kerja sama ini menjadi langkah strategis untuk memperkuat kurikulum.

“Kerja sama ini merupakan langkah strategis untuk memperkuat kurikulum keamanan siber di Cyber University. Kami berkomitmen untuk menyediakan pendidikan yang relevan dan berkualitas tinggi bagi mahasiswa kami agar siap menghadapi tantangan di era digital," jelasnya.

Disisi lain, Ardian Oktadika, menyatakan kerja sama ini menjadi platform ideal untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman bagi sivitas akademika Cyber University.

“Kami melihat kerja sama ini sebagai platform yang ideal untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman kami dengan generasi muda yang akan menjadi pelindung dunia digital di masa depan. Kegiatan-kegiatan bersama yang akan kami lakukan diharapkan tidak hanya memperkuat keterampilan teknis, tetapi juga membangun kesadaran tentang pentingnya etika dalam praktik keamanan siber," ujarnya.

Dalam waktu dekat, berbagai kegiatan akan segera digelar buah dari kerja sama ini, termasuk workshop, pelatihan, kompetisi, dan seminar-seminar yang ditujukan bagi masyarakat umum dan sivitas akademika Cyber University.

"Kolaborasi ini diharapkan akan menciptakan sinergi yang kuat dalam upaya memperkuat ketahanan siber Indonesia," tutup Gunawan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement