Kamis 29 Aug 2024 11:08 WIB

Andika Perkasa-Hendi dan Luthfi-Gus Yasin Tes Kesehatan di RS Kariadi

Kedua pasangan calon wajib menjalani pemeriksaan fisik hingga tes narkoba.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Erik Purnama Putra
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthdi dan Taj Yasin Maimoen saat mendaftar ke KPU Provinsi Jateng, Kota Semarang, Rabu (28/8/2024).
Foto: Antara/IC Senjaya
Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah Ahmad Luthdi dan Taj Yasin Maimoen saat mendaftar ke KPU Provinsi Jateng, Kota Semarang, Rabu (28/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ahmad Luthfi-Taj Yasin Maimoen maupun Andika Perkasa-Hendrar Prihadi menjalani tes kesehatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Dr Kariadi, Kota Semarang, Kamis (29/8/2024). Kedua pasangan tersebut telah melakukan pendaftaran ke KPU Jateng pada Rabu (28/8/2024).

Ketua Tim Pemeriksa Kesehatan RSUP Dr Kariadi, Thomas Handoyo, menyampaikan, kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng itu akan menjalani pemeriksaan lengkap. Mulai pemeriksaan fisik hingga tes narkoba.

Baca Juga

"Kami dari RSUP Dr Kariadi telah menyiapkan pemeriksaan fisik penunjang maupun laboratorium lengkap untuk paslon baik gubernur, wakil gubernur, maupun nanti bupati, walikota dan wakilnya. Jadi ada tiga poin utama yaitu kesehatan fisik, kemudian kesehatan mental, dan pemerikaaan narkoba," ucapnya di Gedung Garuda RSUP Dr Kariadi, Kamis. 

Thomas menjelaskan, terkait fisik, pemeriksaan yang dilakukan meliputi penyakit dalam, jantung, paru, gigi-mulut, mata, dan lainnya. "Kemudian dilanjutkan dengan pemeriksaan darah. Darah itu lengkap juga. Jadi pemeriksaannya cukup lengkap. Jadi mulai dari fungsi darah rutin, fungsi ginjal, fungsi lever, dan seterusnya," kata Thomas.

Kedua pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jateng juga bakal melakukan pemeriksaan MRI, saraf, dan psikologi. Proses tes kesehatan dimulai sekitar pukul 07.30 WIB. Menurut Thomas, pemeriksaan kezehatan akan berlangsung hingga sore sekitar pukul 17.00 WIB.

Thomas mengungkapkan, sesuai peraturan KPU, hasil tes kesehatan akan diberikan pada 3 September 2024. "Kita akan berikan hasil dalam bentuk dua, fit atau unfit," ujarnya.

Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi alias Hendi sempat memberikan keterangan sebelum melaksanakan tes kesehatan. "Kalau kesehatan kita sudah siap karena saya pribadi setiap dua minggu sekali itu cek darah," ujar Andika.

Mantan panglima TNI itu mengaku, ketika tiba di RSUP Dr Kariadi, ia sudah melakukan tes urine yang melibatkan petugas BNN Jateng. "Kemudian setelah itu kita makan pagi. Nah setelah makan pagi nanti lanjut," ucap Andika.

Hendi juga sudah siap menjalani tes kesehatan. "Semalam sama Pak Andika kita masih ketemu sampai jam sembilan, terus pulang ke rumah, istirahat. Hari ini kita bareng-bareng untuk cek kesehatan," kata Hendi.

Pasangan Ahmad Luthfi dan Taj Yasin Maimoen juga menyatakan siap melaksanakan pemeriksaan kesehatan. "Setelah administrasi dilalui saat ini tes kesehatan, semoga lolos dan lulus karena menentukan langkah kami ke depan," ujar Luthfi.

Sementara Gus Yasin mengaku rileks dalam menjalani pemeriksaan kesehatan. "Semoga hasilnya baik, bisa memberikan pelayanan bagi masyarakat Jawa Tengah dengan kesehatan prima dan cara berpikir yang baik," kata Gus Yasin.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement