Kamis 29 Aug 2024 15:23 WIB

Abu Shujaa Sang Pahlawan Palestina, Syahid di Tepi Barat

Israel bantai pejuang Palestina di masjid di Tepi Barat.

Red: Fitriyan Zamzami
Komandan Brigade Tulkarem Palestina, Mohammed Jaber alias Abu Shujaa.
Foto:

Muhammad Jaber alias Abu Shujaa, adalah komandan Batalyon Tulkarm Brigade Al-Quds - sayap bersenjata Gerakan Jihad Islam - dan salah satu pendirinya bersama dengan komandan pertamanya Saif Abu Libdeh. Ia lahir di kamp Nur Shams, berasal dari keluarga yang mengungsi dari Haifa pada Nakba 1948.

Dia mulai menentang pendudukan sejak awal hidupnya, dan ditangkap untuk pertama kalinya ketika dia berusia 17 tahun. Dia selamat dari beberapa upaya pembunuhan atau penangkapan, dan media Israel menggambarkan dia sebagai orang pemberani dan salah satu orang paling dicari Israel.

Pada tanggal 26 Juli 2024, kerumunan warga Palestina bergegas ke Rumah Sakit Pemerintah Thabet Thabet di Tulkarem dan berhasil mengeluarkan Abu Shuja setelah pasukan Otoritas Palestina mencoba menangkapnya, saat ia menerima perawatan atas luka-lukanya akibat alat peledak yang meledak saat itu. sedang diproduksi.

Ia lahir pada 1998 di Kamp Nour Shams di Kegubernuran Tulkarm. Dia berasal dari keluarga Palestina yang terlantar akibat pendudukan dari kota Haifa pada tahun 1948. Dia dibesarkan di kamp di antara anggota keluarganya dan merupakan anak tengah dari 5 bersaudara.