Kamis 29 Aug 2024 15:25 WIB

Menghitung Kekuatan Masing-Masing Paslon di Pilgub Jatim, Perempuan Gandeng Milenial

Tiga srikandi akan bersaing sebagai cagub pada Pilgub Jatim 2024.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini memberikan keterangan kepada pers di Kantor Kemensos, Jakarta Pusat, Senin (20/3/2023).
Foto:

PDI Perjuangan kembali mengusung Tri Rismaharini sebagai calon gubernur (cagub) untuk Pilkada Jawa Timur (Jatim). Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri menunjuk Zahral Azhar Asad atau yang dikenal sebagai Gus Hans sebagai calon wakil gubernur (cawagub). Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah mengatakan, pasangan tersebut sudah pas untuk memimpin Jatim 2024-2029.

“Saya kira pasangan Tri Rismaharini dan Gus Hans ini sangat mewakili corak kultural di Jawa Timur. Risma adalah representasi nasionalis, sedangkan Gus Hans mewakili kalangan santri,” begitu kata Said dalam keterangannya, Kamis (29/8/2024).

Pun kata Said, pasangan tersebut representatif dari kalangan ibu dan perempuan, serta kuwula muda. “Bu Risma, juga figur yang berpengalaman di pemerintahan, dan Gus Hans merupakan intelektualitas. Jadi keduanya pasangan yang saling melengkapi,” begitu ujar Said.

Risma, merupakan kader PDI Perjuangan yang sekarang masih menjabat sebagai Menteri Sosial (Mensos) di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Karir politik Risma di pemerintahan daerah, terbilang panjang sebagai Wali Kota Surabaya, Jatim selama dua periode 2010-2020.