Kamis 29 Aug 2024 15:56 WIB

Sumbangan untuk Palestina Bersumber dari Uang Hasil Maksiat, Bolehkah?

Ada yang menyumbang untuk Palestina tapi uangnya dari hasil maksiat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
 Ada yang menyumbang untuk Palestina tapi uangnya dari hasil maksiat. Foto:  Bendera Palestina. Ilustrasi
Foto: Reuters
Ada yang menyumbang untuk Palestina tapi uangnya dari hasil maksiat. Foto: Bendera Palestina. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Masyarakat banyak yang menggalang sumbangan untuk membantu warga Palestina yang tengah dijajah Zionis Israel. Namun, di media sosial dihebohkan dengan adanya nitizen yang akan memberikan donasi ke Palestina dari hasil perbuatan maksiatnya. 

Lalu bolehkah menyerahkan bantuan donasi ke Palestina dari perbuatan maksiat? 

Baca Juga

Menanggapi hal itu, Wakil Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, KH Abdul Muiz Ali menjelaskan, donasi atau sedekah dari hasil perbuatan maksiat tidak diperkenankan dalam Islam. 

"Sedekah tidak diperkenankan dari harta haram, termasuk zakat yang dihasilkan dari cara atau pekerjaan haram hukumnya tidak sah," ujar Kiai Muiz kepada Republika.co.id, Kamis (29/8/2024). 

Lalu, lanjut dia, ketika seorang terlanjur mendapatkan harta dengan cara yang haram, sementara ia ingin bertaubat, maka harta tersebut harus dikembalikan pada pemiliknya atau wakilnya.

Sementara, jika pemiliknya sudah meninggal dunia, maka harta itu harus diserahkan kepada ahli warisnya, dan jika ahli warisnya tidak ditemukan, maka harta tersebut harus ditasharrufkan atau diberikan untuk kemaslahatan umat Islam.

"Tindakan memberikan harta haram untuk kemaslahatan umat Islam seperti di atas, bukan berarti ia dianggap bersedekah, melainkan tindakan tersebut sebagai bentuk cara membebaskan diri dari harta haram," jelas Kiai Muiz. 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement