Kamis 29 Aug 2024 17:48 WIB

Terapkan ESG, Lazada Tekan Emisi Gas Rumah Kaca Hingga 40 Persen

Lazada juga menjalankan inisiatif logistik berkelanjutan.

Red: Satria K Yudha
Seorang petugas menyortir barang pesanan konsumen di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Kamis (17/12/2020).
Foto: Antara/Wahyu Putro A
Seorang petugas menyortir barang pesanan konsumen di Warehouse Lazada, Depok, Jawa Barat, Kamis (17/12/2020).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA  -- Platform e-commerce Lazada merilis laporan tahunan tentang dampak Environment, Social, Governance (ESG) untuk tahun keuangan 2024 (FY24). Dalam laporan itu, Lazada menyatakan bahwa emisi gas rumah kaca Lazada Group turun sebesar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Laporan ini memuat perkembangan dan pencapaian Lazada Group berdasarkan empat pilar ESG, yaitu pemberdayaan masyarakat, tenaga kerja siap masa depan, pengelolaan lingkungan, serta tata kelola yang efektif.

Salah satu sorotan penting dalam laporan tahun ini adalah platform pengumpulan data karbon internal yang melacak dan memantau emisi karbon Lazada Group. Platform ini menggunakan penyempurnaan metodologi berbasis aktivitas agar mencerminkan kondisi sesungguhnya dan memperoleh informasi yang lebih akurat demi pengelolaan emisi yang efektif.

Penyempurnaan ini membuat kualitas dan akurasi data emisi Cakupan 1 dan Cakupan 2 menjadi lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. Dengan menjalankan beragam inisiatif optimalisasi bisnis demi menghemat konsumsi listrik, emisi gas rumah kaca (GRK) Lazada Group turun sebesar 40 persen dari tahun sebelumnya.