Kamis 29 Aug 2024 19:40 WIB

Fenomena Sinkhole Muncul di Malaysia dan Bikin Geger, Apa Itu?

Turis India jatuh ke dalam sinkhole di Malaysia dan masih dalam proses pencarian.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
Penampakan sinkhole di Kuala Lumpur, Malaysia. Seorang turis asal India jatuh ke dalam sinkhole dan hingga kini masih dalam proses pencarian.
Foto: Dok. EPA-EFE/FAZRY ISMAIL
Penampakan sinkhole di Kuala Lumpur, Malaysia. Seorang turis asal India jatuh ke dalam sinkhole dan hingga kini masih dalam proses pencarian.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fenomena sinkhole atau lubang yang ambles terjadi di Kuala Lumpur, Malaysia, menjadi perbincangan publik. Apa itu sinkhole?

Menurut National Geographic, sinkhole (lubang runtuhan) adalah lubang di tanah yang terbentuk ketika air melarutkan batuan permukaan. Sering kali, batuan permukaan ini adalah batu kapur, yang mudah terkikis, atau terkikis oleh pergerakan air.

Baca Juga

Di lanskap di mana batu kapur berada di bawah tanah, air dari curah hujan terkumpul di celah-celah batu. Retakan-retakan ini disebut sendi. Perlahan-lahan, ketika batu kapur larut dan terbawa air, sambungan-sambungan tersebut melebar hingga tanah di atasnya menjadi tidak stabil dan runtuh. Keruntuhan ini sering terjadi secara tiba-tiba dan tanpa banyak peringatan. Air terkumpul di bagian yang runtuh ini, membentuk lubang runtuhan.

Sinkhole juga terbentuk ketika atap gua runtuh. Sinkhole biasanya berbentuk corong, dengan ujung yang lebar terbuka di permukaan dan ujung yang sempit di dasar kolam.