Kamis 29 Aug 2024 21:26 WIB

Jelang Penutupan Pendaftaran Pilkada, PDIP Akui Kans Anies di Jabar 95 Persen

Jubir Anies tengakui telah menerima tawaran buat Abah maju di Pilgub Jabar.

Rep: Antara/Bambang Noroyono/ Red: Teguh Firmansyah
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja usai bersilaturahmi di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024).  Kunjungan silahturahmi Anies tersebut salah satunya membahas terkait Pilkada Jakarta mendatang.
Foto: Republika/Prayogi
Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berbincang dengan Ketua DPD PDIP DKI Jakarta Ady Widjaja usai bersilaturahmi di Kantor DPD PDIP DKI Jakarta, Sabtu (24/8/2024). Kunjungan silahturahmi Anies tersebut salah satunya membahas terkait Pilkada Jakarta mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Detik-detik akhir penutupan masa pendaftaran Pilkada menghangat di Jawa Barat. Mantan gubernur DKI, Anies Baswedan dikabarkan akan dimajukan oleh PDIP untuk maju di Pilgub Jabar. Tim Anies Baswedan mengakui adanya permintaan salah-satu partai politik (parpol) agar Anies maju dalam Pilkada Jawa Barat (Jabar) 2024.

Juru Bicara Anies Baswedan Sahrin Hamid mengatakan, sampai dengan Kamis (29/8/2024) malam, tawaran agar Gubernur DKI Jakarta 2018-2023 itu melaju ke kontestasi calon kepala daerah di Jabar, masih dalam pembicaraan serius dengan beberapa parpol.

Baca Juga

“Jadi soal Jawa Barat, kami sampaikan bahwa memang betul ada permintaan secara khusus dari salah-satu partai politik, dan kita juga tahu bahwa itu sudah memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan yang meminta Pak Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jawa Barat,” kata Sahrin saat ditemui di Rumah Brawijaya 10 di kawasan Jakarta Selatan (Jaksel), Kamis (29/8/2024) petang.

Bendahara DPC PDI Perjuangan Kota Bandung Folmer Siswanto mengungkapkan kans pasangan Anies Baswedan-Ono Surono untuk berlaga di Pemilihan Kepala Daerah Gubernur (Pilkada) Jawa Barat adalah 95 persen dengan Anies sedang dalam perjalanan ke Bandung.

"Iya 95 persen. Apalagi Pak Anies sedang dalam perjalanan ke Bandung," kata Folmer saat dihubungi di Bandung, Kamis.

Kemungkinan ini sendiri, kata Folmer, adalah hasil pengerucutan dari sejumlah sosok yang semula digodok di internal PDIP untuk diusung di Pilkada Jabar bersama Ono yang merupakan Ketua DPD PDIP Jabar.

"Kalau perkembangan di kalangan internal mengerucutlah. Dari beberapa nama yang beredar, seperti Sandiaga Uno, Susi Pudjiastuti, kalau diprediksi kemungkinan besar mengarah ke Pak Anies. Apalagi sedang di jalan," katanya.

Sementara itu, di Kantor DPD PDIP Jawa Barat dipenuhi oleh ratusan kader, simpatisan hingga relawan yang hendak mengantarkan pasangan bakal calon Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat ke KPU Jabar, Kamis (29/8/2024) malam. Seperti diketahui, pendaftaran pasangan bakal calon dibuka terakhir hari ini.

Mereka masih menunggu keputusan DPP partai tentang pasangan bakal calon yang akan diusung di pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Barat. Namun, santer isu yang beredar bahwa Anies Baswedan mantan Gubernur DKI Jakarta akan diusung bersama Ketua DPD PDIP Jabar Ono Surono.

Bahkan beredar poster pasangan Anies Baswedan-Ono Surono maju sebagai bakal calon Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat.

Sebelumnya Ketua DPD PDIP Jawa Barat Ono Surono menyampaikan bahwa belum menerima informasi dari DPP Partai tentang pasangan yang akan diusung di Pilgub Jawa Barat. Ia mengaku masih menunggu keputusan dari DPP.

"Assalamualaikum, kawan-kawan sekalian banyak pertanyaan dari kawan media, kader partai tentang calon Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan didaftarkan oleh PDIP Perjuangan. Saya berikan informasi," ucap Ono seperti dikutip dari laman instagram miliknya, Kamis (29/8/2024).

Ono mengatakan hingga pukul 18.04 WIB belum mendapatkan informasi dari DPP partai. Sehingga pihaknya masih menunggu nama calon Gubernur Jawa Barat dan Wakil Gubernur Jawa Barat yang akan memberikan kejutan kepada warga Jawa Barat.

"Saya pastikan dan mohon doa dari wargi Jawa Barat PDIP akan mendaftarkan di detik menjelang penutupan," kata Ono.

Sebelumnya, di hari pertama pendaftaran Pilgub Jabar, pasangan Dedi Mulyadi-Erwan Setiawan yang pertama mendaftar, Selasa (27/8/2024). Selanjutnya pasangan Ahmad Syaikhu dengan Ilham Habibie, Kamis (29/8/2024).

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement