Jumat 30 Aug 2024 05:05 WIB

Kronologi 'Drama' Anies-Pilgub Jabar: Muncul Poster, Menunggu Restu Mega, Berakhir Batal

Kepastian Anies tidak ikut Pilgub Jabar diumumkan juru bicaranya.

Rep: Tim Republika/ Red: Mas Alamil Huda
Anies Baswedan pamit dengan ibunya, Aliyah Rasyid Baswedan sebelum ke kantor DPP PDIP, di Jakarta, Senin (26/8/2024).
Foto:

Di sisi lain, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Jabar Ono Surono melalui siaran pers video yang diterima Republika, menyampaikan, timnya sampai dengan pukul 18.45 WIB belum menerima kepastian dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Sukarnoputri tentang siapa cagub-cawagub yang akan direkomendasikan untuk mendaftarkan ke KPUD. “Kami (DPD Jabar) belum menerima keputusan dari DPP. Dan kami masih menunggu,” ujar dia.

Namun begitu, sebelumnya Ono menyampaikan PDI Perjuangan akan memberikan kejutan tentang siapa yang akan direkomendasikan oleh DPP PDI Perjuangan untuk dicagub dan cawagubkan oleh Banteng Moncong Putih untuk Pilkada Jabar.

Bendahara DPC PDIP Kota Bandung Folmer Siswanto mengungkapkan kans pasangan Anies Baswedan-Ono Surono untuk berlaga pada Pilgub Jabar adalah 95 persen. Saat ini, Anies dari Jakata sedang dalam perjalanan ke Bandung. "Iya 95 persen. Apalagi Pak Anies sedang dalam perjalanan ke Bandung," kata Folmer.

Pada Kamis (29/8/2024) petang, beredar poster Anies Baswedan berpasangan Ono Surono pada Pilgub Jawa Barat di media sosial. Seperti dilihat, berlatar belakang kantor Gedung Sate Jawa Barat berwarna merah, Anies berpasangan dengan Ono Surono. Mereka mengenakan pakaian putih dan mengenakan peci hitam.