Jumat 30 Aug 2024 03:14 WIB

Real Madrid akan Ditantang Dortmund dan Liverpool di Liga Champions

Real Madrid juga akan menjamu AC Milan dan akan melawat ke markas Atalanta.

Red: Israr Itah
Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu. Musim ini, Madrid akan menghadapi di antaranya Liverpool, Dortmund, dan AC Milan pada fase liga di Liga Champions 2024/2025.
Foto: Mike Egerton/PA via AP
Real Madrid menjuarai Liga Champions musim lalu. Musim ini, Madrid akan menghadapi di antaranya Liverpool, Dortmund, dan AC Milan pada fase liga di Liga Champions 2024/2025.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Juara bertahan Real Madrid akan melawat ke markas Liverpool dan menjamu Borussia Dortmund, pada fase liga di Liga Champions format baru, setelah dilakukan undian di Grimaldi Forum, Monaco pada Kamis waktu setempat atau Jumat (30/8/2024) dini hari WIB.

Acara pengundian ini diikuti oleh sejumlah pesohor lapangan hijau seperti Cristiano Ronaldo, Zlatan Ibrahimovic, dan Gianluigi Buffon.

Baca Juga

Masing-masing tim akan memainkan delapan pertandingan menghadapi delapan lawan yang berbeda dalam format baru kompetisi klub elite Eropa itu. Seluruh 36 tim menghuni satu grup besar dan tidak dibagi ke dalam beberapa grup. Undianlah yang menentukan siapa bertemu siapa.

Ke-36 tim dibagi ke dalam empat pot yang terdiri dari masing-masing sembilan tim berdasarkan koefisien klub UEFA mereka. Khusus pemegang gelar Liga Champions, yakni Real Madrid, secara otomatis ditempatkan sebagai unggulan teratas di pot 1.

Ke-36 tim diundi secara manual dan kemudian perangkat lunak otomatis secara digital mengundi delapan lawan yang berbeda secara acak. Undian menentukan pertandingan mana yang akan dimainkan di kandang dan mana yang tandang.

Setiap tim akan menghadapi dua lawan dari masing-masing empat pot, satu di kandang dan satu di tandang. Tim tidak dapat menghadapi lawan dari asosiasi yang sama, dan hanya dapat diundi melawan maksimal dua tim dari asosiasi yang sama. Sebanyak 16 asosiasi nasional akan diwakili dalam fase liga.

Aston Villa, Bologna, Brest, Girona dan Slovan Bratislava akan membuat penampilan debut mereka sejak diperkenalkannya babak grup Liga Champions. Brest dan Girona juga akan membuat penampilan debut mereka di sepak bola Eropa.

 

Delapan tim peringkat teratas akan mendapatkan bye ke babak 16 besar. Tim-tim yang berada di peringkat 9 hingga 24 akan mengikuti babak play-off fase gugur. Tim yang berada di peringkat 25 hingga 36 akan tersingkir dari semua kompetisi, tanpa akses ke Liga Eropa UEFA 2024/25.

Selain menghadapi Dortmund dan Liverpool, Real Madrid juga akan menjamu AC Milan dan akan melawat ke markas Atalanta. Los Blancos menaklukkan juara Liga Europa musim lalu, Atalanta, pada pertandingan Piala Super UEFA yang dimainkan di Warsawa pada awal Agustus.

Liverpool yang kembali berlaga di Liga Champions setelah satu tahun absen, juga akan bertemu Milan dan menghadapi tim debutan Girona.

Meski demikian, salah satu pertandingan yang paling dinantikan oleh para penggemar Si Merah adalah pertandingan melawan juara Liga Jerman Bayer Leverkusen, yang kini dilatih oleh mantan gelandang Liverpool Xabi Alonso.

Manchester City asuhan Pep Guardiola akan menjamu juara Liga Italia Inter Milan, serta akan menjalani laga tandang ke markas PSG dan Juventus. Walau demikian, City juga akan menghadapi lawan-lawan yang relatif lebih ringan seperti Club Brugge, Sparta Praha, dan Slovan Bratislava. Slovan Bratislava merupakan klub Slovakia yang belum pernah bermain di Liga Champions.

Pertandingan-pertandingan lain yang juga akan menarik perhatian para penggemar sepak bola adalah Bayern Munchen melawan PSG dan Barcelona, serta Arsenal melawan Inter dan PSG.

Pertandingan-pertandingan putaran pertama akan dimainkan pada 17, 18, dan 19 September. Dua hari pertandingan tambahan di fase liga yang baru akan berlangsung pada Januari. 

Tim-tim yang menghuni posisi sembilan sampai 24 akan lolos ke putaran playoff, yang dari sana kemudian delapan tim tersisa akan melaju ke 16 besar.

Liga Europa dan Liga Conference juga akan menampilkan 36 klub, meski Liga Conference hanya akan memainkan enam pertandingan di fase liga.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by UEFA Champions League (@championsleague)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement