Jumat 30 Aug 2024 07:27 WIB

Empat Hal Membuat Setan Bersedih

Empat perkara ini akan membuat setan berputus asa.

Red: Hasanul Rizqa
ILUSTRASI Setan.
Foto: www.freepik.com
ILUSTRASI Setan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pendiri Tarekat Syadziliyah, al-Imam Abu Hasan ‘Ali As-Syadzili, mengatakan, sebagaimana tertulis dalam Risalah Al-Amin, setan akan sedih karena empat hal.

Pertama, tatkala seseorang duduk berpikir tentang hal yang mendekatkan dirinya kepada Allah SWT, kemudian orang itu mengerjakannya.

Baca Juga

Kedua, ketika seseorang berpikir tentang semua hal yang dapat menjauhkan dirinya dari Allah SWT, kemudian orang itu menjauhinya.

Ketiga, ketika seseorang berpikir tentang dosa-dosa yang telah lalu, kemudian orang itu meminta ampun dan bersyukur.

Terakhir, ketika seseorang duduk berpikir tentang sesuatu hal yang telah dia perbuat pada masa lalu kemudian dia bersyukur dan memohon ampunan-Nya.

Pesan sang imam di atas mengisyaratkan upaya pembersihan diri. Hal yang mendekatkan diri kepada Allah, misalkan, adalah upaya membersihkan hati kita dengan selalu mengingat Allah, baik dalam keadaan suka maupun duka.

الَّذِيۡنَ يَذۡكُرُوۡنَ اللّٰهَ قِيَامًا وَّقُعُوۡدًا وَّعَلٰى جُنُوۡبِهِمۡ وَيَتَفَكَّرُوۡنَ فِىۡ خَلۡقِ السَّمٰوٰتِ وَالۡاَرۡضِ‌ۚ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هٰذَا بَاطِلًا ۚ سُبۡحٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

"(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri, duduk atau dalam keadaan berbaring, dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata), 'Ya Tuhan kami, tidaklah Engkau menciptakan semua ini sia-sia; Mahasuci Engkau, lindungilah kami dari azab neraka'" (QS Ali Imran: 191).

Melakukan zikir bukanlah untuk mendapatkan materi, melainkan mengharapkan kedekatan Allah. Berharap Allah membersamai kita dalam setiap gerak, langkah, dan perkataan. Hati menjadi tenang. Pandangan indrawi dan rasa batin tak sekadar berpaku pada yang zahir, tapi juga yang tak tampak.

Orang yang hatinya disinari ketakwaan, meski sedikit, pasti akan menggerakkan organ tubuh untuk berlindung dari dosa. Sebaliknya, orang yang terlumuri dosa, yang dikuasai syahwah bahimiyah (nafsu kebinatangan), maka dia akan menikmati dosa. Na'udzubillah.

Tidak pantas seorang manusia yang lemah berlagak sombong di hadapan Allah SWT. Di antara ciri kesombongan adalah terang-terangan berbuat dosa. Misalnya dengan tanpa merasa malu seseorang mempertontonkan auratnya di hadapan khalayak. Padahal, Islam mengajarkan Muslimin agar menutup auratnya.

Pada saat ia bangga berbuat dosa, ketika itulah setan tertawa bangga.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement