Jumat 30 Aug 2024 08:33 WIB

Forum Aktivis dan Akademisi ke Mabes Polri Kecam Sikap Represif Polisi pada Demonstran

Muncul usulan dibentuk forum reguler antara Kapolri dan tokoh masyarakat untuk meningkatkan komunikasi dan memberikan masukan konstruktif bagi perbaikan kepolisian.

Rep: Tim Cari Cuan/ Red: Partner
.
Foto: network /Tim Cari Cuan
.

Aktivis dan akademisi mendatangi Mabes Polri pada Rabu (28/8/2024) untuk mendesak Kapolri Jenderal Pol Sigit Listyo Prabowo bertanggung jawab atas tindakan brutal aparat kepolisian terhadap demonstran di berbagai kota. (Foto: Istimewa)

NEWS -- Sejumlah aktivis dan akademisi mendatangi Mabes Polri, Jakarta, pada Rabu (28/8/2024) untuk mendesak Kapolri Jenderal Pol Sigit Listyo Prabowo bertanggung jawab atas tindakan brutal aparat kepolisian terhadap demonstran di berbagai kota. Forum Aktivis dan Guru Besar itu ditemui oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Pol Abdul Karim.

Direktur Amnesty International Indonesia, Usman Hamid, menyampaikan keprihatinan terkait kekerasan yang menimpa para demonstran. "Itu melanggar hak asasi manusia (HAM)," kata dia dalam keterangan tertulisnya, Jumat (30/8/2024).

Adapun Romo Benny menekankan pentingnya Polri sebagai alat negara yang tidak diskriminatif. "Polri harus melayani masyarakat tanpa memandang latar belakang," tegas dia.

Tokoh perempuan, Zumrotin, berharap Polri dapat lebih dekat dengan masyarakat agar semakin dicintai.