Jumat 30 Aug 2024 09:07 WIB

Ngantuk Setelah Berhubungan Intim Pasutri? Jangan Langsung Tidur dan Segera Lakukan Ini

Jinabah adalah orang yang berhadats besar setelah berhubungan intim Pasutri.

Red: Muhammad Hafil
 Ngantuk Setelah Berhubungan Intim Pasutri? Jangan Langsung Tidur, Tapi Lakukan Ini. Foto:  Pernikahan Ilustrasi
Foto: Republika/Prayogi
Ngantuk Setelah Berhubungan Intim Pasutri? Jangan Langsung Tidur, Tapi Lakukan Ini. Foto: Pernikahan Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika seorang pasangan suami atau istri (pasutri) yang habis melakukan hubungan intim lalu mengantuk dan hendak tidur, sebaiknya jangan dilakukan dulu. Sebelum, mereka melaksanakan wudhu secara sempurna seperti orang yang hendak sholat.

Dalam sebuah hadits disebutkan:

Baca Juga

Apabila Rasulullah SAW dalam keadaan berjinabah kemudian hendak tidur, maka beliau berwudhu terlebih dahulu seperti berwudhu hendak sholat. Apabila hendak makan atau minum, terlebih dahulu beliau mencuci tangannya, setelah itu barulah beliau makan atau minum. (HR Nasai)

Buya H Muhammad Alfis Chaniago dalam Indeks Hadits dan Syarah I menjelaskan, jinabah adalah orang yang sedang mempunyai hadats besar akibat melakukan hubungan intim suami istri. Idealnya, ketika berjinabah kita langsung mandi junub tapi kalau sedang malas mandi atau tidak langsung mandi junub, maka disunnahkan bila hendak tidur, hendaklah berwudhu dulu seperti wudhunya orang yang mau sholat. 

"Karena pada saat tidur setan akan mudah masuk sehingga mencegahnya kita disyariatkan untuk berwudhu sebelum tidur," tulis Buya Alfis.

Dan, disunnahkan mencuci tangan terlebih dahulu bagi orang yang mempunyai jinabah apabila ia hendak makan dan minum. Itulah adab yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW kepada umatnya ketika berjinabah.

"Dengan melakukan hal di atas kita bukan hanya telah mengikuti anjuran Nabi SAW tapi kita juga mendapat pahala dari Allah," tulis Buya Alfis.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement