Jumat 30 Aug 2024 09:27 WIB

Ono Surono Blak-blakan Ungkap Kronologi Anies Dijegal di Saat Akhir Pendaftaran Pilkada

Ono menyebut nama sosok Mulyono dan gank yang tidak menginginkan Anies maju pilgub.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan, Bambang Noroyono/ Red: Andri Saubani
Ketua DPD PDIP Ono Surono menyerahkan berkas kepada KPU Jabar dan diterima langsung oleh Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni saat pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jabar, di KPU jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Kamis (29/8/2024). Di detik terakhir perdaftaran, PDIP mengusung Jeje Wiradinata sebagai calon Gubernur Jabar dan Ronal Surapraja sebagai wakilnya di Pilgub Jabar.
Foto: Edi Yusuf
Ketua DPD PDIP Ono Surono menyerahkan berkas kepada KPU Jabar dan diterima langsung oleh Ketua KPU Jabar Ummi Wahyuni saat pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jabar, di KPU jabar, Jalan Garut Kota Bandung, Kamis (29/8/2024). Di detik terakhir perdaftaran, PDIP mengusung Jeje Wiradinata sebagai calon Gubernur Jabar dan Ronal Surapraja sebagai wakilnya di Pilgub Jabar.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono angkat bicara terkait rencana pengusungan Anies Baswedan di pemilihan Gubernur (pilgub) Jawa Barat yang akhirnya batal dilakukan. Ia menegaskan bahwa Anies dijegal untuk tidak maju di Pilgub Jabar.

"Oke jadi Anies ini memang menjadi opsi bagi PDIP dan kita melakukan komunikasi dengan pak Anies itu dari kemarin mengerucut itu di sore hari, kenapa gagal," ucap Ono seusai mendaftarkan pasangan bakal calon Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja di Kantor KPU Jabar, Jumat (30/8/2024) dini hari.

Baca Juga

Ono Surono, merupakan kader, sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Jabar. Dan melalui siaran pers resmi kemarin, Ono dua kali menyampaikan, untuk cagub dari PDIP, akan berasal dari sosok yang mengejutkan.

Saat hendak mengusung Anies, Ono merasa resah sebab terdapat pihak-pihak yang tidak menyetujui Anies diusung oleh PDIP Perjuangan. Padahal, Anies merupakan figur nasional, asli Jawa Barat lahir di Kuningan serta mempunyai riwayat yang baik membangun Jakarta.

"Kita menghadapi sebuah tantangan yang sangat besar, tangan-tangan yang tidak menyetujui Pak Anies diusung oleh PDIP Perjuangan," kata Ono.

Ono bahkan blak-blakan menyebut nama sosok Mulyono dan gank yang tidak menginginkan Anies maju. "Mulyono dan gank," ucap Ono.

Selama ini, Ono mengatakan yang menjalin komunikasi dengan Anies Baswedan yaitu DPP termasuk kewenangan memutuskan. Selama proses komunikasi tersebut, ia mendapatkan kabar bahwa Anies Baswedan bersedia diusung oleh PDI Perjuangan di Jawa Barat.

"Sehingga pada saat timnya Pak Anies membuat konferensi pers ini menjadi bagian ya dari proses, di mana pak Anies dihambat untuk tidak bisa dicalonkan oleh PDI Perjuangan," kata Ono.

"Tidak secara spesifik (penjegalan) saya sampaikan tapi kan sudah kita bisa lihat pahami pak Anies dijegal di DKI ya dan ini juga terjadi di Jawa Barat. Teman-teman bisa menafsirkan sendiri dan bentuknya seperti apa tapi itu fakta yang kita alami bersama," kata Ono.

Ono meminta agar Mulyono dan gank tidak cawe-cawe dalam pilkada serentak dan membiarkan masyarakat memilih dengan sesuai hati nurani. Sehingga terpilihlah pemimpin terbaik.

"Mulyono jangan cawe-cawe lagi lah di pilkada biarkan rakyat bisa mempunyai pilihan sesuai dengan hati nuraninya sehingga terpilih pemimpin yang terbaik untuk Indonesia untuk provinsi dan untuk kabupaten kota di seluruh Indonesia," kata dia.

Ono tidak menjelaskan spesifik sosok Mulyono yang dimaksud. Namun, nama Mulyono yang ramai diperbincangkan masyarakat ini mengacu kepada nama kecil sosok Presiden Joko Widodo.

Ono meyakini apabila mengusung Anies Baswedan maka permasalahan di Jawa Barat dapat diselesaikan. Namun, pihak-pihak yang memiliki kekuatan menjegal Anies maju di Pilgub Jabar.

"Tapi kekuatan-kekuatan yang sangat besar itu yang pada akhirnya pak Anies tidak jadi diusung oleh PDIP perjuangan," kata dia.

Ono melanjutkan DPD PDI Perjuangan menginginkan Anies Baswedan maju di Jawa Barat. Pihaknya mengetahui proses yang dilakukan oleh DPP dan Ketua Umum partai mendorong Anies maju.

"Kami menilai bahwa yang sudah mengerucut pada akhirnya bubar itu karena ada tangan-tangan dari luar yang tidak menghendaki Pa Anies diusung di Jabar," kata dia.

Detik detik jelang penutupan pendaftaran Pilgub Jabar, PDI Perjuangan akhirnya mendaftarkan Jeje Wiradinata Bupati Pangandaran dan Ronald Surapradja aktor Indonesia.

photo
Jadwal Pilkada Serentak 2024 - (Infografis Republika)

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement