Jumat 30 Aug 2024 14:58 WIB

Pejuang Bangkit Melawan di Tepi Barat, Tentara IDF Tewas

Serangan Israel ke Tepi Barat dihadapi perlawanan persatuan faksi Palestina.

Red: Fitriyan Zamzami
Seorang pria mengibarkan bendera Palestina saat kendaraan lapis baja Israel bergerak selama operasi militer di kamp Nur Shams, di Tepi Barat, Kamis, 29 Agustus 2024.
Foto: AP Photo/Majdi Mohammed
Seorang pria mengibarkan bendera Palestina saat kendaraan lapis baja Israel bergerak selama operasi militer di kamp Nur Shams, di Tepi Barat, Kamis, 29 Agustus 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, TEPI BARAT – Seorang tentara Israel tewas dan lainnya terluka dalam penyergapan di lingkungan timur Jenin, di wilayah utara Tepi Barat. Hal ini menandai kian sengitnya perlawanan pejuang Palestina menghadapi serbuan Israel ke Tepi Barat.

Perlawanan terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan khusus Israel yang menyusup ke kota Zababdeh di Jenin, pada Jumat. Sementara tentara penjajah melanjutkan operasi militernya di Jenin, Tubas, dan Tulkarem, di utara Tepi Barat, dalam sebuah operasi yang digambarkan sebagai operasi terbesar. di Tepi Barat sejak tahun 2002.

Baca Juga

Seorang komandan Brigade al-Qassam, sayap militer Hamas, di Jenin mengatakan kepada Aljazirah bahwa seorang tentara Israel tewas dan lainnya terluka dalam penyergapan dengan alat peledak yang telah disiapkan sebelumnya untuk kendaraan pendudukan di lingkungan timur.

Komandan al-Qassam itu menjelaskan bahwa kendaraan tersebut maju setelah operasi penyisiran, namun alat peledak yang ditempatkan dengan hati-hati menggagalkan rencana tersebut dan meledak di tengah pasukan.

Brigade al-Qassam sebelumnya melaporkan bahwa para pejuangnya telah menargetkan kendaraan militer Israel dengan bahan peledak berkekuatan tinggi di lingkungan timur Jenin, dan menambahkan bahwa operasi tersebut mengakibatkan serangan langsung pada kendaraan tersebut dan kematian serta cedera pada personelnya.

Koresponden Aljazirah melaporkan bahwa pasukan penjajah menyerbu gedung-gedung dan rumah-rumah di sekitar Masjid Khalid bin al-Walid di lingkungan timur Jenin. Hal itu disusul bentrokan sengit sedang terjadi antara pasukan pendudukan dan pejuang perlawanan Palestina di lingkungan tersebut.

Saksi mata mengatakan bahwa pasukan penjajah Israel mengepung Masjid Khalid bin al-Walid di lingkungan timur Jenin. Sejumlah tentara dan penembak jitu naik ke atap masjid, sementara sejumlah tentara menggerebek beberapa rumah, mengganggu keluarga Palestina, menyerang pemuda dan menahan mereka.

Brigade Al-Quds, sayap militer Gerakan Jihad Islam, Jumat pagi mengumumkan bahwa mereka telah meledakkan alat peledak yang telah disiapkan sebelumnya terhadap pasukan infanteri pendudukan di poros Al-Bayader di Jenin, yang dipastikan menimbulkan korban di antara barisannya.

Brigade Martir Al-Aqsa pagi ini mengatakan bahwa mereka terlibat dalam bentrokan sengit dengan senapan mesin dengan pasukan khusus Israel yang menyusup ke kota Zababdeh di Jenin.

Sebagai imbalannya, tentara Israel mengatakan bahwa sebuah pesawat angkatan udara mengebom sel militan selama bentrokan dengan tentaranya di Jenin. Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan tentara Israel mencegah krunya mencapai sebuah rumah yang dibom di kota Zababdeh di Jenin.

Koresponden Al Jazeera mengatakan bahwa pasukan pendudukan mengepung sebuah lokasi yang mereka bom di kota Zababdeh, sebelah timur Jenin, dan mencegah ambulans Palestina mendekat.

Brigade al-Quds di Jenin mengumumkan dalam sebuah pernyataan Kamis malam lalu bahwa mereka telah bergerak "dalam operasi konfrontasi dan pertempuran dalam pertempuran teror di kamp-kamp ke tahap kedua, yang bergantung pada penggunaan lahan dengan cara yang benar. , membangun kembali kemampuan, menyiapkan penyergapan, dan meledakkan alat peledak dalam serangkaian operasi kualitatif."

Brigade tersebut mengkonfirmasi bahwa pada fase kedua, para pejuang mereka mencapai "serangkaian operasi militer besar yang mengubah jalannya pertempuran, terutama penyergapan maut di Jenin dan Tulkarem dan menjebak sekelompok tentara pendudukan dalam penyergapan yang kompleks di Manshiyat al-Shuja'an (di kamp Nour Syams)."

Mereka juga menargetkan pasukan infantri Israel dengan alat peledak berkekuatan tinggi di poros industri, dan menimbulkan korban jiwa. Brigade tersebut juga mengkonfirmasi terlibat dalam bentrokan sengit dengan pasukan Israel di sumbu tempur, dan menimbulkan korban langsung.

Batalyon Tulkarm dari Brigade al-Quds sebelumnya mengumumkan bahwa para pejuangnya mampu menyergap pasukan infanteri Israel, sebagai bagian dari respons terhadap pembunuhan komandan batalyon, Muhammad Jaber, yang dijuluki "Abu Shujaa," saat fajar pada Kamis.

Brigade tersebut mengatakan bahwa para pejuangnya meledakkan alat yang sangat mudah meledak di pasukan infanteri, dan segera setelah meledak, para pejuangnya menyerang pasukan yang ditargetkan dengan tembakan peluru yang besar, menyebabkan kematian dan cedera.

Dia menunjukkan bahwa tentara Israel telah membakar rumah-rumah dan menghancurkan sebagian besar infrastruktur, selain berbagai tindakan sabotase di kota-kota Tepi Barat sebagai bagian dari kebijakan hukuman kolektif.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement