Jumat 30 Aug 2024 15:10 WIB

Laporan Rahasia Ini Ungkap Uranium Iran Selangkah Lagi Bisa Jadi Bom Nuklir

Iran memiliki 164,7 kilogram uranium yang diperkaya hingga 60 persen.

Red: A.Syalaby Ichsan
Dalam gambar yang dirilis Kementerian Pertahanan Iran pada Kamis, 25 Mei 2023, rudal Khorramshahr-4 diluncurkan di lokasi yang dirahasiakan, Iran. Iran meluncurkan pada hari Kamis apa yang dijuluki iterasi terbaru dari rudal balistik Khorramshahr berbahan bakar cair di tengah ketegangan yang lebih luas dengan Barat atas program nuklirnya.
Foto:

Pada Mei lalu, Penasihat Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei, Kamal Kharrazi mengatakan Teheran akan mengubah doktrin nuklirnya bila Israel mengancam eksistensi Iran. Pernyataan terbaru pejabat Iran yang menimbulkan pertanyaan apakah program nuklir Iran untuk tujuan damai.

Teheran selalu mengatakan tidak berencana memiliki senjata nuklir. Pemerintah negara-negara Barat curiga Iran ingin mengembangkan teknologi nuklir untuk membangun bom. Program nuklir Iran menjadi inti dari sanksi-sanksi Barat.

Ketika terjadi ketegangan dengan Israel yang diyakini juga memiliki senjata nuklir, pada April lalu. Seorang komandan senior Garda Revolusi Iran mengatakan ancaman Israel dapat mendorong Iran mengubah doktrin nuklirnya.

 
photo
Dalam foto satelit ini dari Planet Labs PBC, situs nuklir Natanz Iran terlihat 14 Maret 2022. Badan pengawas atom PBB mengatakan Kamis, 14 April 2022, pihaknya memasang kamera pengintai untuk memantau bengkel sentrifugal baru di situs Natanz bawah tanah Iran setelah a permintaan dari Teheran, bahkan ketika upaya diplomatik untuk memulihkan kesepakatan nuklirnya yang compang-camping tampak terhenti. - (Planet Labs PBC via AP)

"Kami belum memutuskan untuk membangun bom nuklir tapi jika eksistensi Iran terancam, kami tidak memiliki pilihan selain mengubah doktrin militer kami," kata Kharrazi seperti dikutip media Iran, Student News Network, Kamis (9/5/2024).