Jumat 30 Aug 2024 16:14 WIB

Ansor-OKP Lintas Agama Siapkan Tur Perdamaian Asia Pasifik Seusai Bertemu Paus Fransiskus

Ansor-OKP lintas agama mendukung upaya perdamaian dalam kemanusiaan

Red: Nashih Nashrullah
Ansor dan OKP lintas agama bertemu pemimpin tertinggi Vatikan, Puas Fransiskus
Foto: Dok Istimewa
Ansor dan OKP lintas agama bertemu pemimpin tertinggi Vatikan, Puas Fransiskus

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Ketua Umum PP GP Ansor Addin Jauharudin menyatakan tengah menyiapkan tur perdamaian dan sekretariat organisasi pemuda lintas agama se-Asia Pasifik. Hal tersebut dilakukan setelah pertemuan dengan pimpinan tertinggi umat Katolik dunia Paus Fransiskus 21 Agustus 2024 lalu.

Gus Addin yang juga koordinator organisasi pemuda lintas agama di Indonesia ini mengaku bahwa tur perdamaian adalah misi penting untuk memperluas kampanye Perdamaian dalam Kemanusiaan yang juga diusung Paus Fransiskus dan Grand Syekh Al Azhar Ahmad Al Tayeb dalam Dokumen Doha.

Baca Juga

Gus Addin menceritakan pimpinan organisasi pemuda lintas agama di Indonesia memiliki keresahan yang sama terhadap kondisi global saat ini. Perang berkecamuk, sentimen antar suku dan agama, yang mengakibatkan gangguan serius terhadap harmoni hubungan sosial, hingga ekonomi.

"Di tengah situasi global yang berkecamuk perang, kebencian terhadap perbedaan agama dan ras, mengakibatkan ekonomi dan kehidupan sosial dunia tidak stabil, kampanye Perdamaian dalam Kemanusiaan menjadi yang sangat penting dilakukan," ujar Addin.