Jumat 30 Aug 2024 18:40 WIB

Dituding Jegal Anies di Pilkada 2024, Ini Bantahan Jokowi

Anies sebelumnya dikabarkan akan maju di Pilgub Jakarta atau Pilgub Jabar.

Red: Andri Saubani
Presiden Joko Widodo bersama Mentan Andi Amran Sulaiman (kedua kiri), Menlu Retno Marsudi (kanan) dan Mensesneg Pratikno saat acara penyerahan penghargaan Agricola Medal di Istana Negara, Jakarta, Jumat (30/8/2024). Presiden Joko Widodo menerima penghargaan Agricola Medal dari Organisasi Pangan dan Pertanian FAO sebagai bentuk apresiasi terhadap ketahanan pangan Indonesia.
Foto:

Sebelumnya, Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono angkat bicara terkait rencana pengusungan Anies Baswedan di Pilgub Jabar yang akhirnya batal dilakukan. Ia menegaskan bahwa Anies dijegal untuk tidak maju di Pilgub Jabar.

"Oke jadi Anies ini memang menjadi opsi bagi PDIP dan kita melakukan komunikasi dengan pak Anies itu dari kemarin mengerucut itu di sore hari, kenapa gagal," ucap Ono seusai mendaftarkan pasangan bakal calon Jeje Wiradinata dan Ronald Surapradja di Kantor KPU Jabar, Jumat (30/8/2024) dini hari.

Ono Surono, merupakan kader, sekaligus Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP di Jabar. Dan melalui siaran pers resmi kemarin, Ono dua kali menyampaikan, untuk cagub dari PDIP, akan berasal dari sosok yang mengejutkan.

Saat hendak mengusung Anies, Ono merasa resah sebab terdapat pihak-pihak yang tidak menyetujui Anies diusung oleh PDIP Perjuangan. Padahal, Anies merupakan figur nasional, asli Jawa Barat lahir di Kuningan serta mempunyai riwayat yang baik membangun Jakarta.