Jumat 30 Aug 2024 23:50 WIB

Mau Digusur KAI, Warga Kampung Bong Suwong Minta DPRD DIY Carikan Solusi

Warga meminta agar diberikan waktu lebih untuk mengosongkan kampung Bong Suwung.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Karta Raharja Ucu
Salah satu sudut bangunan Slasar Malioboro, Stasiun Tugu, Yogyakarta.
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Salah satu sudut bangunan Slasar Malioboro, Stasiun Tugu, Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA  -- DPRD DIY menyebut siap mencarikan solusi terkait penggusuran warga di kawasan Bong Suwung, Pringgokusuman, Gedongtengen, Kota Yogyakarta. Warga yang akan digusur pun melakukan aksi dengan mendatangi Kantor DPRD DIY, Kamis (29/8/2024), meminta agar diberikan waktu lebih untuk mengosongkan kawasan tersebut.

Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana mendukung perjuangan masyarakat dan mengusahakan meminta waktu guna mencarikan solusi bersama antara masyarakat Bong Suwung dengan PT KAI. ”Poinnya sekarang, saya mendukung teman-teman semua dan meminta PT KAI untuk memberikan waktu yang cukup kepada teman-teman,” kata Huda.

Huda juga menyebut, DPRD DIY akan bersurat ke PT KAI guna meminta penundaan penggusuran. Pasalnya, warga diharapkan dapat mengosongkan Bong Suwung yang masuk dalam kawasan penataan tersebut hingga akhir Agustus 2024 ini.

“Langkah-langkah solusi itu betul-betul dibuat, tidak hanya sekedar jargon-jargon saja. Masalah ini bukan hanya masalah idealisme saja, tetapi betul-betul juga sampai ke hajat hidup kehidupan pribadi. DPRD DIY siap untuk bersama-sama dengan PT KAI mencari solusi,” jelas Huda.

Koordinator aksi, Chang Wendryanto mengatakan, kedatangannya bersama warga Bong Suwung lainnya ke DPRD DIY dikarenakan adanya rasa ketakutan dan rasa tertekan. Sebab, masyarakat diminta mengosongkan kawasan tersebut dalam waktu dekat.

“Mereka (warga) kan belum siap, secara ekonomi mereka belum siap. Oleh karena itu, kita minta mbok ditunda dulu sampai ada solusi, karena mereka rakyat kecil, mereka ini yang perlu diperhatikan. Kenapa pada jadi PSK? Ya karena keadaan. Mereka itu manusia yang perlu dimanusiakan dan undang-undang mengatur warga negara untuk dilindungi,” kata Chang.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement