Senin 02 Sep 2024 06:01 WIB

Shipper Gandeng Aprindo Dorong UMKM Jual Produk ke Mancanegara

Pilihan ekspor bisa menjadi harapan pertumbuhan ekonomi pengusaha lokal.

Red: Erik Purnama Putra
Perusahaan logistik Shipper dan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) berkolaborasi mendorong pelaku UMKM melakukan ekspor.
Foto: Republika.co.id
Perusahaan logistik Shipper dan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) berkolaborasi mendorong pelaku UMKM melakukan ekspor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) menjadi katalis perekonomian Indonesia yang perlu mendapat dukungan dari berbagai pihak. Shipper selaku perusahaan 4PL (fourth party logistics) meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Asosiasi Pengusaha Retail Indonesia (Aprindo) untuk memperkuat kolaborasi mendukung pelaku usaha retail.

Co-Founder & CIO Shipper, Jessica Hendrawidjaja menjelaskan, kerja sama strategis tersebut dapat membuka peluang besar bagi UMKM Indonesia ke pasar global. Pelaku UMKM bisa memasarkan produknya ke Asia Tenggara, negara dunia ketiga, dan bahkan ke sejumlah negara maju lainnya. Menurut dia, kolaborasi dengan Aprindo diharapkan mampu meningkatkan daya saing produk UMKM Indonesia di pasar internasional.

Sebagai mitra strategis dalam pengiriman ekspor produk UMKM, kata Jessica, Shipper akan memberikan dukungan penuh kepada jutaan UMKM binaan Aprindo dalam proses pengiriman produk mereka ke luar negeri. Apalagi, perusahaannya sudah didukung layanan digital komprehensif yang sudah menjangkau lebih 30 kota besar di seluruh Indonesia.