Senin 02 Sep 2024 12:32 WIB

Rais Aam PBNU: Masjid Sumber Kekuatan Islam

Dia meyakini Islam akan berkembang melalui masjid.

Red: Ani Nursalikah
Pengunjung menyaksikan pertunjukan video mapping saat acara International Hijriah Food Festival di area Plaza Masjid At-Thohir, Depok, Jawa Barat. Rais Aam PBNU: Masjid Sumber Kekuatan Islam
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pengunjung menyaksikan pertunjukan video mapping saat acara International Hijriah Food Festival di area Plaza Masjid At-Thohir, Depok, Jawa Barat. Rais Aam PBNU: Masjid Sumber Kekuatan Islam

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rais 'Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Miftachul Akhyar mengapresiasi Pelatihan Manajemen Transformasi Kemasjidan yang diadakan Lembaga Takmir Masjid (LTM) PBNU karena masjid merupakan sumber kekuatan Islam.

"Masjid adalah sumber kekuatan, sumber risalah Rasulullah, tempat tujuan hijrah, tempat berangkat Isra Mikraj. Karena itu saya yakin Islam akan berkembang melalui masjid," ujar Miftachul Akhyar dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Baca Juga

Di hadapan 300 peserta Silaturahmi Nasional LTM dan Pelatihan yang melibatkan 31 Kabupaten/Kota di Jawa Timur, Kiai Miftah mengatakan Rasulullah mengemban risalah Islamiyah melalui perjuangan, yang semuanya bermula dari masjid.

"Karena masjid itulah sumber kekuatan Islam dan Islam itu berkembang atau lemah juga dilihat dari masjid, karena itu pelatihan ini strategis," katanya.

Oleh karena itu, Kiai Miftah berharap para peserta pelatihan menyiapkan diri dalam berhijrah memperbaiki manajemen masjid. Ini karena masjid adalah tempat yang mudah mengumpulkan umat tanpa undangan dan pengumuman, tempat tujuan yang tidak membedakan suku, warna kulit, atau kedudukan/jabatan.

"Masjid itu ibarat parlemen yang anggotanya semua jenis manusia, tanpa membedakan suku, warna kulit, kaya-miskin, punya kedudukan/atau tidak. Siapa yang datang pertama kali, misal tukang becak, maka dia berhak di shaf terdepan, kalau anggota DPRD datang belakangan ya di belakang," katanya.

Oleh karena itu, kata dia, manajemen masjid jangan berwajah kolot, pengelolaan manajemen mesti tertata, dan fungsi masjid harus diperkuat kembali.

"Sadarlah, takmir masjid harus memiliki manajemen terbaik, seperti Masjid Nabawi di Madinah yang melahirkan generasi-generasi terbaik Islam," kata dia.

Kepala Kanwil Kemenag Jatim A. Sruji Bahtiar menyampaikan terima kasih atas kepercayaan PBNU (LTM PBNU) menjalin kerja sama dengan Kemenag Jatim.

"Insya Allah, kami siap melakukan kerja sama yang sama dengan jajaran NU hingga pengurus tingkat kabupaten (PC) dan kecamatan (MWC)," kata dia.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement