Senin 02 Sep 2024 17:24 WIB

Jakarta Punya JakLingko dan Mikrotrans, Apa Bedanya?

JakLingko dan Mikrotrans terus berinovasi

Red: Nashih Nashrullah
Sejumlah penumpang antre saat akan menaiki JakLingko (ilustrasi).  JakLingko dan Mikrotrans terus berinovasi
Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah
Sejumlah penumpang antre saat akan menaiki JakLingko (ilustrasi). JakLingko dan Mikrotrans terus berinovasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Transjakarta akan terus meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai layanan transportasi publik di Jakarta. Belakangan, muncul kesalahpahaman di masyarakat mengenai perbedaan sistem transportasi terintegrasi JakLingko dan layanan Mikrotrans.

“Pada kesempatan ini, saya ingin meluruskan bahwa JakLingko merupakan sistem transportasi terintegrasi yang menjadi payung berbagai moda transportasi di Jakarta, termasuk Transjakarta, MRT, dan LRT. Sistem ini dirancang untuk mempermudah perpindahan antar moda dengan sistem pembayaran terintegrasi, yang tentunya memberikan kemudahan bagi mobilitas warga,” jelas Kepala Divisi Sekretaris Perusahaan dan Humas Transjakarta, Tjahjadi, dalam keterangannya, Selasa  (2/9/2024).

Baca Juga

Sementara itu dijelaskan, Mikrotrans adalah salah satu moda dalam jaringan JakLingko yang beroperasi sebagai angkutan kota dengan menggunakan kendaraan kecil yang biasa disebut angkot.

"Mikrotrans berfungsi untuk melayani rute-rute pendek di area perumahan dan jalan sempit. Meskipun berada dalam sistem JakLingko, Mikrotrans memiliki peran spesifik sebagai angkot, yang berbeda dari moda transportasi lain seperti bus Transjakarta atau MRT," lanjutnya.