Senin 02 Sep 2024 17:32 WIB

Setahun Terpilih, Ridwan Kamil Janji Tanam Pohon Tiga Kali Lipat Agar Jakarta Teduh

Ridwan Kamil melihat hanya Jakarta Selatan yang rindang.

Red: Teguh Firmansyah
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono saat menghadiri launching Jalak Nasional dan deklarasi kolaborasi komunitas relawan se Jakarta di Kawasan Ampera, Jakarta, Ahad (1/9/2024). Deklarasi ini merupakan bentuk dukungan segaligus upaya memenangkan  pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta mendatang.
Foto: Republika/Prayogi
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil dan bakal calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Suswono saat menghadiri launching Jalak Nasional dan deklarasi kolaborasi komunitas relawan se Jakarta di Kawasan Ampera, Jakarta, Ahad (1/9/2024). Deklarasi ini merupakan bentuk dukungan segaligus upaya memenangkan pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta mendatang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon gubernur (Cagub) Jakarta Ridwan Kamil (RK) menilai, perlu adanya program penanaman pohon di Jakarta dengan porsi tiga kali lipat lebih banyak. Hal itu untuk mengatasi wilayah yang kering dan tidak subur (gersang).

"Kita setahun pertama kalau terpilih, mungkin dibantu Tim Fanta (Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda) juga, kita tiga kali lipatkan jumlah pohon di Jakarta," kata Ridwan Kamil saat memberi sambutan di kantor Tim Kampanye Nasional Pemilih Muda (TKN-Fanta), Menteng, Jakarta Pusat, Senin.
 
Ridwan melihat, wilayah Jakarta yang rindang hanya berada di kawasan Jakarta Selatan saja, sedangkan beberapa wilayah Jakarta lainnya tidak terlalu banyak ditanam pohon. "Terus saya melihat yang rindang di Jakarta itu kebanyakan hanya di Jakarta Selatan, betul? Di (Jakarta) Utara, Jakarta Barat, itu agak gersang," ucap Ridwan.

Melihat kondisi tersebut, Ridwan Kamil juga akan memilih pohon yang nantinya ditanam merupakan jenis pohon yang dapat menyerap polusi, sehingga sekaligus dapat memperbaiki kualitas udara di Jakarta.

Baca Juga

Info yang dihimpun Antara dari laman informasi jakartasatu.jakarta.go.id disebutkan, ruang terbuka hijau (RTH) DKI Jakarta sebesar 33,34 juta meter persegi atau 33,34 kilometer persegi.

Jumlah itu mencakup 5,2 persen dari luas Jakarta yang mencapai 661,5 kilometer persegi. Cakupan yang ada tersebar di Jakarta Timur sebanyak 26,2 persen, Jakarta Selatan (24,87), Jakarta Utara (20,93), Jakarta Pusat (12,69) dan Jakarta Barat 8,64 persen. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota (Distamhut) DKI Jakarta juga telah menanam 10.474 pohon di RTH dan jalur hijau untuk menanggulangi polusi udara, sekaligus sebagai penyeimbang area hijau dengan pembangunan proyek infrastruktur.

Sebelumnya, pasangan calon gubernur dan wakil gubernur (cagub-cawagub) Jakarta Ridwan Kamil-Suswono menjadi pasangan kedua yang mendaftar Pilkada Jakarta 2024 di KPU DKI Jakarta pada Rabu (28/8) siang. Pasangan ini juga telah menjalani serangkaian pemeriksaan kesehatan di RSUD Tarakan, mulai tes untuk mengetahui penyalahgunaan narkoba hingga psikologi sebagai tahapan Pilkada Jakarta 2024 pada Sabtu (31/8).