Senin 02 Sep 2024 21:06 WIB

Ilham Habibie Maju di Jabar untuk Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

Ada program kerja yang sedang dirancang dan disepakati.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Calon wakil gubernur Jawa Barat (Jabar), Ilham Habibie.
Foto: Edi Yusuf
Calon wakil gubernur Jawa Barat (Jabar), Ilham Habibie.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Calon wakil gubernur Jawa Barat (Jabar), Ilham Akbar Habibie menyampaikan, niatannya maju Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jabar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Putra sulung Presiden Ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie tersebut diusung Partai Nasdem, PKS, dan PPP untuk berpasangan dengan Ahmad Syaikhu.

"Visi misi tidak jauh dari apa yang pernah saya sampaikan, yaitu harus ada perhatian khusus pada ekonomi karena rakyat kita di Jabar dan di mana pun memerlukan pekerjaan, harus ada nafkah, itu satu," kata Ilham di Kampus Universitas Hasanuddin, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Senin (2/9/2024)..

Baca Juga

Alumnus Teknik Oenerbangan di Technical University of Munich, Jerman tersebut menyampaikan, selain persoalan ekonomi, ada banyak hal yang perlu dibenahi di Jabar. Di antaranya, layanan pendidikan berkualitas serta dukungan terhadap pertumbuhan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

"Kedua, pendidikan terkait, jadi kadang ada kesempatan, tetapi tidak bisa menggapainya karena pendidikan kita kurang atau tidak sesuai. Ketiga, kita harus mendukung UMKM. Hanya tiga, dari banyak poin yang mestinya saya utarakan," ucap Ilham.

Mantan Ketua Umum Ikatan Saudagar Muslim Se-Indonesia tersebut mengemukakan, sejumlah program serta visi misi yang disepakati bersama pasangannya sangat banyak. Sehingga, Ilham mengakui, perlu ada yang menjadi prioritas untuk diterapkan.

"Karena program kerja berdasarkan visi-misi yang disepakati antarpihak, termasuk dengan Pak Akhmad Syaikhu itu agak besar. Tetapi, tiga ini penting karena sangat inti dari pada tantangan kita yang dihadapi," tutur mantan Kepala Badan Riset dan Teknologi Kadin Indonesia ini.

Ilham menjelaskan, sesuai mendaftar di KPU Jabar maka sebelum masa penetapan bakal pasangan calon, ia saat ini terus melakukan sosialisasi turun ke masyarakat. Langkah itu dilakukan untuk menyerap aspirasi

"Saya kira yang kita harus lakukan dalam beberapa hari mendatang, selain pada program biasa berkunjung ke lapangan, berkunjung ke UMKM, ormas, atau juga pesantren, dan lain-lain," kata Ilham.

Dia mengaku, sedang melakukan konsolidasi antarpartai pengusung untuk meramu strategi yang tepat sesuai dengan harapan masyarakat. "Saat ini sedang konsolidasi antara partai. Jadi ada PKS, Nasdem, dan PPP. Inikan baru sementara resmi, sehingga harus ada konsolidasi. Kemudian ada program kerja yang sedang dirancang dan disepakati," ucapnya.

Ilham hadir sebagai narasumber pada acara Seminar Internasional Prinsip dan Karakter Bugis-Makassar 4 Ethos 4 Jusuf di Ballroom Hotel Unhas. "Inikan acara bertemakan 4 Ethos 4 Jusuf. Jadi ada empat tokoh budaya yang secara etnis Bugis-Makassar, itu ada Syekh Yusuf, ada Jenderal M Jusuf, ada Baharuddin Jusuf Habibie, dan Wakil Presiden Jusuf Kalla."

"Jadi, empat-empatnya ada nama Jusuf dan diberi contoh bagaimana masing-masing belajar budaya Bugis-Makassar. Menjalankan karirnya, serta memberikan kontribusinya kepada negara, bangsa, dan dunia. Karena Syekh Yusuf kan merantau ke Afsel (Afrika Selatan). Ini sangat menarik," ujar Ilham menambahkan.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement