Selasa 03 Sep 2024 05:05 WIB

Perseteruan Makin Keras: Undip Apel Dukung Dekan FK, Menkes Balas dengan Fakta Baru Lagi

Praktik dekan FK Undip diberhentikan sementara buntut kasus kematian dokter Risma.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Sivitas akademika dan alumni Fakultas Kedokteran Undip memberi dukungan kepada Yan Wisnu Prajoko yang aktivitas klinisnya diberhentikan sementara di RSUP Kariadi Semarang, Senin (2/9/2024).
Foto:

Dokter Bambang Wibowo, alumni FK Undip juga turut menyuarakan bahwa RSUP dr Kariadi tanpa Undip menjadi rumah sakit yang biasa saja. Oleh karena itu, ia mengajak para senior dan guru besar mencari alternatif terbaik untuk menyelesaikan masalah ini.

"Seluruh alumni siap membantu, sekali lagi ini kita sedang diuji, dan kekayaan SDM Undip adalah bagian yang tidak bisa dikesampingkan oleh RSUP dr Kariadi," kata mantan direktur utama RSUP dr Kariadi itu.

Kemudian, dr Darwito yang pernah menjabat sebagai Direktur Umum dan Operasional RSUP dr Kariadi Semarang menyampaikan keprihatinan atas penangguhan praktik Dekan FK Undip di RSUP dr Kariadi. "Kita negara hukum harus berdasarkan aturan yang jelas, bukan berdasarkan kemauan Kementerian atau pribadi," kata Darwito yang sekarang menjabat Direktur Utama RS Akademik UGM Yogyakarta tersebut.

Sementara itu, Dekan FK Undip, Yan Wisnu menyatakan, kehadiran para simpatisan tersebut menunjukkan bahwa semua merupakan satu keluarga besar yang bersama mencintai rumah, institusi Undip.