Selasa 03 Sep 2024 00:20 WIB

Kimmich Ditunjuk Jadi Kapten Baru Jerman Setelah Gundogan Pensiun

Kimmich yang berusia 29 tahun telah membuat 91 penampilan untuk Die Mannschaft.

Red: Israr Itah
Pemain Jerman Joshua Kimmich.
Foto: AP Photo/Laurent Cipriani
Pemain Jerman Joshua Kimmich.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Joshua Kimmich akan menggantikan Ilkay Gundogan sebagai kapten baru Jerman setelah gelandang Manchester City itu pensiun dari sepak bola internasional. Keputusan ini diumumkan oleh pelatih tim nasional Julian Nagelsmann pada Senin (2/9/2024).

Gundogan, 33 tahun, pensiun dari pertandingan internasional setelah mengoleksi 82 caps pada bulan lalu. Ia tampil dalam semua lima pertandingan untuk Jerman di Euro 2024, dengan penampilan terakhirnya terjadi saat Jerman kalah di perempat final oleh juara bertahan Spanyol.

Baca Juga

Setelah mencetak debutnya untuk Jerman pada 2016, Kimmich yang berusia 29 tahun telah membuat 91 penampilan untuk Die Mannschaft. Kimmich, yang bermain sebagai bek kanan dan gelandang untuk raksasa Bundesliga Bayern Munchen, akan memimpin Jerman saat mereka menjamu Hungaria di UEFA Nations League di Dusseldorf pada Sabtu (7/9/2024).

"Kapten mengutarakan pendapat tim kepada tim pelatih. Dia adalah penerus yang logis. Dia memimpin dengan mentalitasnya," kata Nagelsmann kepada wartawan.

Bek tengah Real Madrid Antonio Rudiger dan penyerang Arsenal Kai Havertz akan menjadi wakil kapten.

"Kami memiliki perpaduan yang sangat baik dengan ketiga pemain ini," imbuh Nagelsmann.

Kapten Barcelona Marc-Andre ter Stegen, 32 tahun, akan menjadi penjaga gawang nomor satu untuk Jerman setelah Manuel Neuer pensiun dari pertandingan internasional bulan lalu. Ter Stegen telah bermain sebanyak 40 kali untuk Jerman.

Neuer yang berusia 38 tahun pensiun dari tugas nasional setelah bermain dalam 124 pertandingan sejak melakukan debutnya pada tahun 2009, di mana ia dianugerahi sarung tangan emas saat Jerman memenangkan Piala Dunia 2014.

"Marc adalah nomor satu. Dan memang pantas menjadi nomor satu," kata Nagelsmann. "Ia telah tampil baik selama beberapa tahun. Ia telah menjadi kapten di Barcelona selama beberapa tahun dan merupakan nomor satu yang tak terbantahkan dengan penampilan yang sangat, sangat bagus. Ia juga akan memainkan peran itu untuk kami. Itulah sebabnya dia jelas nomor satu."

Jerman juga akan menghadapi Bosnia & Herzegovina dan Belanda di Liga A Grup 3 UEFA Nations League.

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement