Selasa 03 Sep 2024 06:45 WIB

Pemicu Kematian Dokter Aulia Risma Menurut Undip: Kebijakan Kemenkes, Kerja 80 Jam!

Dokter Risma diduga bunuh diri karena mengalami perundungan dari para seniornya.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Mas Alamil Huda
Dekan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Diponegoro (Undip) Yan Wisnu Prajoko yang aktivitas klinisnya diberhentikan sementara di RSUP Kariadi Semarang, di Undip, Senin (2/9/2024).
Foto:

Pekan lalu Tim Investigasi Kemenkes telah menyerahkan hasil penyelidikan sementara terkait kematian Aulia Risma Lestari (ARL), mahasiswi PPDS Anestesia Undip, ke Polda Jawa Tengah (Jateng). Polda Jateng menyebut akan mendalami hasil temuan Tim Investigasi Kemenkes.

"Sudah kami sampaikan bukti-bukti ke Polda," ujar Inspektur Investigasi Kemenkes Valentinus Rudy Hartono saat ditemui awak media di Mapolda Jateng, Jumat (30/8/2024).

Saat ditanya apakah bukti yang diserahkan ke Polda Jateng termasuk rekaman suara keluhan ARL kepada ayahnya, Rudy tak menjawab secara langsung. "Semua bukti kita dalami dan sudah kita sampaikan ke Polda," jawab Rudy. "Yang jelas kami upayakan semaksimal mungkin untuk mendapatkan data dan informasi (terkait kematian ARL), dan itu sudah kami dapatkan," tambah Rudy.

Rekaman suara berisi keluhan ARL kepada ayahnya ketika melaksanakan PPDS Anestesia di RSUP Dr.Kariadi telah beredar di media sosial. Mantan kuasa hukum keluarga ARL, Susyanto, mengonfirmasi bahwa rekaman suara tersebut merupakan suara almarhumah.