Selasa 03 Sep 2024 06:10 WIB

Pramono Ingin Realistis dan Relevan, Bang Emil Berencana Hijaukan Jakarta Tiga Kali Lipat

Yang menjadi kebutuhan mutlak masyarakat di Jakarta adalah transportasi publik.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Mas Alamil Huda
Ondel-ondel dan palang pintu sambut kedatangan cagub dan cawagub Jakarta, Ridwan Kamil-Suswono dalam acara Deklarasi Relawan BERKAH, di Bambu Apus, Jakarta Timur, Ahad (1/9/2024).
Foto:

Terpisah, dalam beberapa kali penyampaian, pasangan cagub-cawagub rival, Ridwan Kamil-Suswono menawarkan beberapa program untuk masa depan Jakarta setelah tak lagi menjadi ibu kota negara. Bang Emil, begitu Ridwan Kamil meminta sapaan barunya selama menjadi cagub di Jakarta, mengatakan adanya beberapa program prioritas yang akan dia lakukan jika berhasil meraih mandat di Pilkada Jakarta.

Bang Emil, cagub dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus itu menawarkan beberapa program mulai dari penghijauan untuk pengurangan polusi udara, sampai dengan pembangunan perumahan di atas aliran sungai, dan juga ketersediaan tim konsultan setres kemacetan. Dalam hal penghijauan, Bang Emil mengatakan, akan melipatgandakan penanaman pohon untuk menyerap polusi udara Jakarta.

“Jadi kita bertekad minimal mentigakali-lipatkan Jakarta dengan pohon-pohon,” begitu kata Bang Emil.

Mantan gubernur Jawa Barat (Jabar) itu juga mengaku terinspirasi untuk membuat rumah-rumah hunian di atas aliran sungai. Inspirasi tersebut, kata dia, berasal dari pembangunan RSUD Tarakan di Jakarta Timur (Jaktim) yang pembangunannya memanfaatkan segala ruang yang tersedia untuk kebutuhan hunian warga di Jakarta.