Selasa 03 Sep 2024 08:57 WIB

Paus Fransiskus ke Jakarta, Ketum GP Ansor: Selamat Datang, Kami Sambut

Paus Fransiskus diagendakan mengunjungi sejumlah tempat.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Ketum GP Ansor, Addin Jauharudin
Foto:

Lalu pada Jumat (6/9/2024), Paus Fransiskus akn bertolak dari Jakarta menuju Port Moresby, Papua Nugini melalui Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dalam kesempatan tersebut, Addin pun menceritakan tentang kunjungannya ke Vatikan beberapa waktu lalu bersama sejumlah pimpinan OKP lintas agama dan melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus.

"Menurut Vatikan, ini adalah kunjungan bersejarah Indonesia pertama kalinya, dimana satu negara datang dengan berbagai macam agama, itu yang tak pernah terjadi di Vatikan. Harus diakui juga Vatikan termasuk negara Eropa pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia, ini juga kedatangan ke tiga dari Paus," kata Addin.

Addin berharap, kunjungan balik Paus Fransiskus ke Jakarta ini bisa menjadikan Indonesia sebagai rujukan cara pandang dalam mengokohkan hubungan antarumat beragama di berbagai belahan dunia lainnya. Pasalnya, di Indonesia antara nilai, budaya, dan adat istiadat, kemudian dengan ajaran agama, dengan bangsa, semua mampu dikompromikan dan tersublimasi dalam nilai-nilai Pancasila.