Selasa 03 Sep 2024 14:03 WIB

Sederhananya Paus: Naik Pesawat Komersial, Diantar Mobil Kijang Hingga Menginap di Kedubes

Kesederhanaan Paus sebagai pemimpin agama dan negara dinilai patut ditiru.

Rep: Frederikus D Bata/ Red: A.Syalaby Ichsan
Paus Fransiskus bersalaman dengan Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024).
Foto: Antara
Paus Fransiskus bersalaman dengan Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia Ignasius Jonan di Bandara Soekarno-Hatta, Kota Tangerang, Banten, Selasa (3/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA — Paus Fransiskus telah tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, pada Selasa (3/9/2024). Setelah tiba di bandara, pemimpin tertinggi Gereja Katolik tersebut menyalami beberapa tokoh yang menyambutnya. Kemudian, Paus langsung beranjak ke Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta dengan mengendarai mobil Toyota jenis Kijang Innova Zenix berwarna putih.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ikut mengomentari tentang bersahajanya Paus yang memilih menggunakan mobil seperti orang kebanyakan. "Saya kira ini luar biasa kesederhanaan beliau. Beliau bukan hanya pemimpin agama, tetapi juga pemimpin negara. Beliau memilih kendaraan pun dengan cara yang sederhana. Ini patut  dicontoh," kata Yaqut.

Baca Juga

Tidak hanya itu, Paus juga diketahui akan menginap di Kedubes Vatikan alih-alih memilih salah satu hotel mewah di Jakarta. Paus beserta rombongan pun menggunakan pesawat komersial dengan maskapai asal Italia, Ita Airways dengan jenis pesawat Airbus A330neo.

photo
Iring-iringan rombongan kendaraan yang membawa Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Paus Fransiskus melintas di Tol Dalam Kota Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (3/9/2024).  - (Republika/Prayogi)

Paus sempat melakukan komunikasi singkat dengan tokoh-tokoh yang menyambutnya. Tak terkecuali dengan Menag Yaqut. Inti dari pembicaraan mereka tentang bagaimana menjaga dialog antar iman sebagai kunci terwujudnya toleransi dan  perdamaian dunia.