Selasa 03 Sep 2024 14:14 WIB

Janji Kampanye Aplikasi Layanan Curhat untuk Warga Jakarta yang Stres dan Kritik Psikolog

Ridwan Kamil berencana menyediakan aplikasi layanan curhat masyarakat Jakarta.

Red: Andri Saubani
Bakal calon Gubernur DKI Jakarta Ridwan Kamil berbicara saat menghadiri launching Jalak Nasional dan deklarasi kolaborasi komunitas relawan se Jakarta di Kawasan Ampera, Jakarta, Ahad (1/9/2024). Deklarasi ini merupakan bentuk dukungan segaligus upaya memenangkan  pasangan Ridwan Kamil dan Suswono dalam Pilgub DKI Jakarta mendatang.
Foto:

Psikolog klinis lulusan Universitas Indonesia Kasandra Putranto juga angkat bicara terkait janji Ridwan Kamil yang ingin menyediakan mobil curhat untuk mengatasi masalah kesehatan mental warga Jakarta. Menurut Kasandra, apabila nantinya janji tersebut akan direalisasikan, beberapa hal perlu diperhatikan mulai dari izin praktik dari ahli kesehatan jiwa yang dihadirkan, keefektivan waktu penyediaan mobil tersebut, hingga solusi jangka panjang untuk masyarakat.

“Saya mengapresiasi perhatian Pak Ridwan Kamil. Hanya saja, tentu harus dipertimbangkan banyak hal terkait gagasan itu. Yang paling penting bukan hanya layanannya tersedia, tapi juga bisa terjangkau dan bisa diakses seluruh masyarakat,” kata Kasandra saat dihubungi di Jakarta, Senin (2/9/2024).

Lebih lanjut, Kasandra juga menyampaikan bahwa program tersebut perlu mempertimbangkan solusi jangka panjang bagi masyarakat yang curhat di mobil tersebut. Misalnya, kata Kasandra, apabila masyarakat yang curhat ternyata membutuhkan rujukan, atau perlu mengonsumsi obat, hal itu juga perlu mendapatkan bantuan dari pemerintah.

Kasandra memberikan contoh lain, apabila masyarakat mengalami masalah kesehatan mental karena persoalan ekonomi, pemerintah juga mungkin dapat memberikan bantuan kepada pasien. “Karena mencegah lebih baik daripada mengobati. Jadi saya rasa, kita perlu memberikan solusi yang betul-betul komprehensif,” kata Kasandra.