Selasa 03 Sep 2024 15:01 WIB

Menag Sebut Paus Fransiskus Diagendakan Bertemu Prabowo

Paus Fransiskus dijadwalkan bertemu Presiden Jokowi di Istana, Rabu.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas tampak turut menerima kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (3/9/2024).
Foto: dok kemenag
Menteri Agama (Menag) RI Yaqut Cholil Qoumas tampak turut menerima kedatangan Paus Fransiskus di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (3/9/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus diagendakan bertemu dengan Presiden Terpilih Prabowo Subianto dalam agenda kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 3-6 September 2024. Hanya saja, Menteri Agama (Menang) Yaqut Cholil Qoumas tidak hafal jadwalnya.

"Direncanakan begitu, nanti akan ada pertemuan dengan Presiden terpilih dalam satu pertemuan. Untuk teknis ditanya ke protokol negara," kata Yaqut di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Selasa (3/8/2024).

Baca Juga

Dia mengatakan, dalam perjalanan apostolik di Indonesia, Paus Fransiskus terlebih dahulu melakukan pertemuan bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Rabu (3/9/2023). "Saya memang lihat rundownnya, tapi saya tidak hafal pasti (waktu pertemuan)," ucap Yaqut.

Menurut Yaqut, agenda pertemuan bersama Presiden Jokowi nantinya berfokus pada pembahasan isu perkembangan global, termasuk di dalamnya tentang toleransi umat beragama. "Dan yang paling penting menurut saya dari semua proses ini adalah mempererat hubungan antara Indonesia dan Vatikan. Besok akan saya update lagi setelah pertemuan beliau berdua," ujarnya.