Selasa 03 Sep 2024 15:41 WIB

5 Tahun Kepemimpinan Erick, HK Berhasil Transformasikan SDM 

Kebijakan Kementerian BUMN untuk mendorong peningkatan SDM yang kompeten.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Gita Amanda
HK menunjukkan komitmen yang kuat melalui pengembangan talenta atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam lima tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir.  (ilustrasi)
HK menunjukkan komitmen yang kuat melalui pengembangan talenta atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam lima tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Hutama Karya (Persero) atau HK menunjukkan komitmen yang kuat melalui pengembangan talenta atau Sumber Daya Manusia (SDM) dalam lima tahun kepemimpinan Menteri BUMN Erick Thohir. Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan HK berfokus pada pengembangan kapasitas dan Kapabilitas SDM, Talenta Perempuan, Talenta Millennial, Keberagaman (Diversity), serta Lingkungan Kerja yang Menghormati (Respectful Workplace).

"Inisiatif ini sejalan dengan kebijakan Kementerian BUMN untuk mendorong peningkatan SDM yang kompeten dalam mendukung pertumbuhan bisnis perusahaan," ujar Adjib dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (3/9/2024).

Baca Juga

Adjib mengatakan pengembangan SDM yang komprehensif menjadi prioritas manajemen dalam menghadapi tantangan industri konstruksi yang semakin kompleks dan kompetitif. Adjib menyampaikan perusahaan fokus pada beberapa aspek pengembangan talenta seperti pengembangan kompetensi dan kapabilitas karyawan melalui program beasiswa karyawan, pemberdayaan talenta perempuan dan talenta milenial, penerapan prinsip keberagaman, serta menciptakan lingkungan kerja yang saling menghormati dengan core value Akhlak. 

Adjib mengatakan transformasi mulai terlihat seperti peningkatan komposisi talenta Pascasarjana hingga lebih dari dua kali lipat pada 2023 jika dibanding 2019 yang merupakan hasil kontribusi dari beasiswa yang diberikan perusahaan. Pada periode yang sama, peningkatan karyawan perempuan juga meningkat cukup signifikan sebesar lebih dari 50 persen dibandingkan dengan 2019.