Selasa 03 Sep 2024 16:33 WIB

Tingkatkan Produktivitas, Kementan Tanam Bersama Padi Gogo di Pohuwato

Untuk mewujudkan swasembada pangan dengan solusi cepat adalah PAT.

Red: Gilang Akbar Prambadi
Penanaman padi gogo di Desa Tirto Asri, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.
Foto: Dok. Web
Penanaman padi gogo di Desa Tirto Asri, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo.

REPUBLIKA.CO.ID, POHUWATO – Pemerintah terus berupaya meningkatkan produksi pertanian di Indonesia. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui program Perluasan Area Tanam (PAT). Sebagai bentuk dukungan terhadap program tersebut, telah dilaksanakan penanaman padi gogo di Desa Tirto Asri, Kecamatan Taluditi, Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo. 

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan mengatakan, untuk mewujudkan swasembada pangan dengan solusi cepat adalah Perluasan Areal Tanam (PAT). Amran yakin, apabila program tersebut dijalankan dengan baik, maka Indonesia dapat mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia.

Baca Juga

"Ingat saat ini ada banyak negara yang mengalami penurunan produksi dan ada banyak penduduk dunia yang menderita kelaparan. Karena itu harus kita mitigasi dengan solusi cepat," kata dia, dikutip pada Selasa (3/8/2024).

Dorong implementasi program perluasan Areal Tanam (PAT) dalam berbagai kesempatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti menegaskan bahwa PAT ini untuk memenuhi kebutuhan pangan yang kedepannya akan semakin meningkat.