Rabu 04 Sep 2024 13:27 WIB

Enam Tokoh Kunci Program Makan Bergizi

Di markas PBB, Amich Alhumami bicara pembangunan manusia yang mencakup makan bergizi.

Red: Erdy Nasrul
Presiden terpilih Prabowo Subianto, wakil presiden terpilih Gibran  Rakabuming Raka, Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Deputi Bapenas Amich Alhumami, Dewan Pembina Gerindra Hasjim Djojohadikusumo, dan Ketua Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana.
Foto: Erdy Nasrul/Republika
Presiden terpilih Prabowo Subianto, wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka, Wakil Menteri Keuangan Thomas Djiwandono, Deputi Bapenas Amich Alhumami, Dewan Pembina Gerindra Hasjim Djojohadikusumo, dan Ketua Badan Gizi Nasional Dadan Hindayana.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Presiden terpilih Prabowo Subianto dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka merencanakan program makan bergizi gratis (MBG). Meski belum dilantik, program ini sudah diujicobakan di sejumlah titik.

Program ini sudah masuk dalam program pemerintah yang dibahas sejumlah instansi, seperti Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bapenas), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Baca Juga

Tak sekadar dibahas di dalam negeri, bahkan MBG juga sudah disuarakan ke negara-negara anggota PBB dan mendapatkan apresiasi. Siapa sajakah aktor-aktor di balik program ini? Berikut ini paparannya.

Presiden terpilih Prabowo Subianto

photo
Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kedua kanan) mendampingi Presiden terpilih Prabowo Subianto (ketiga kanan) saat menghadiri Penutupan Kongres III Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Selasa (27/8/2024). - (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

MBG merupakan program unggulan presiden terpilih Prabowo Subianto yang dicetuskan saat kampanye Pilpres 2024. Memberikan makanan bergizi untuk anak-anak merupakan program strategis yang harus dilakukan untuk memperbaiki kualitas sumber daya manusia (SDM).

"Program strategis yang saya bersama KIM usung antara lain makan bergizi untuk anak-anak Indonesia. Ini sangat strategis, karena anak-anak Indonesia adalah masa depan Indonesia," kata Prabowo saat memberikan pidato di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), beberapa waktu lalu.

Menurut Prabowo, perbaikan gizi anak sejak dini dengan mengkonsumsi makanan berkualitas merupakan investasi yang berguna untuk masa depan bangsa.

Perbaikan gizi itu, lanjut Prabowo bisa meliputi perbaikan kualitas otak hingga fisik anak-anak. Dengan kondisi fisik yang terjaga, dia yakin Indonesia akan mempunyai SDM yang berkualitas di masa depan. "Kalau kita tidak berani sekarang, memberi gizi kepada anak-anak Indonesia, 18 tahun lagi, Indonesia akan mengalami sesuatu, warga negara, suatu bangsa yang lemah, lemah fisik, lemah otak," kata dia.

Gibran Rakabuming Raka

photo
Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka meninjau uji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG) di SDN 4 Kota Tangerang, Banten, Senin (5/8/2024). - (Republika/Prayogi)

Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka mendatangi sejumlah lokasi untuk mengecek langsung realisasi makan bergizi, salah satunya di SDN 02 dan 03 Sentul, Kabupaten Bogor pada Selasa (23/7/2024). Dalam kesempatan itu, Wali Kota Solo periode 2019-2024 ini ingin memastikan MBG berjalan lancar dan paket makanan memang bergizi.

"Nanti sampai bulan Oktober akan kita coba berbagai macam skema. Skema terbaik untuk anak-anak dengan juga cost yang baik," ujar dia.

Pada Senin, 5 Agustus 2024 dia juga mengunjungi SDN 4 Tangerang, Banten. Di sana dia melakukan hal sama. Menu MBG bagi siswa bisa diganti dari nasi menjadi lainnya, seperti mie yang terbuat dari jagung, asalkan kandungan gizinya terpenuhi.

"Tak harus nasi setiap hari, bisa diganti mie dan yang terbuat dari jagung. Intinya harus terpenuhi nutrisi gizinya," kata Gibran Rakabuming Raka usai memantau uji coba MBG di SDN 4 Tangerang, Banten.

Deputi Bappenas Amich Alhumami

photo
Deputi Bidang Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas Amich Alhumami memaparkan program Makan Bergizi Gratis kepada anggota PBB di New York. - (Bappenas)

Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas ini sering menjadi narasumber program makan bergizi gratis di berbagai media di dalam negeri. Tak hanya itu, alumnus Pesantren Maskumambang Gresik (1983) yang juga doktor bidang antropologi sosial lulusan University of Sussex Inggris (2011) ini juga membicarakan program MBG kepada anggota PBB di New York pada Juli 2024, sepekan sebelum pertemuan Prabowo Subianto dan Presiden Prancis Emmanuel Macron.

Dalam momentum High-Level Political Forum (HLPF) on SDGs, itu, Amich Alhumami menjelaskan Indonesia berupaya serius menguatkan pendidikan nasional untuk melahirkan SDM unggul. Salah satu upaya itu adalah dengan MBG yang menjadi program strategis.

“Presiden terpilih Prabowo Subianto yang akan dilantik pada 20 Oktober 2024 akan melaksanakan program makanan bergizi sekolah yang bertujuan untuk meningkatkan layanan gizi bagi anak usia sekolah. Program makanan bergizi sekolah diyakini sebagai intervensi yang berdampak untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak usia sekolah. Kekurangan gizi menyebabkan kerusakan kemampuan kognitif, yang dalam jangka panjang akan berdampak negatif pada kesehatan dan kesejahteraan anak,” papar Amich Alhumami dalam bahasa Inggris, mengawali paparan pencapaian SDGs di Indonesia beserta aneka tantangannya pada sesi HLPF on SDGs–Special Event on Transforming Education.

Di sela-sela sidang HLPF on SDGs, Amich bersama tim delegasi Pemerintah Indonesia melakukan pembicaraan penting dengan para pejabat Pemerintah Swiss dan Prancis. Tiga negara ini membahas tentang pencapaian pelaksanaan agenda pembangunan global, pertukaran pengetahuan, serta pengalaman kebijakan dan perencanaan pembangunan sosial ekonomi di masing-masing negara.

Paparan Amich Alhumami dalam sidang HLPF on SDGs (11/07/2024) merupakan kali pertama paparan politik luar negeri tentang program makan siang bergizi dan kaitaannya dengan misi besar melahirkan SDM berkualitas melalui proses pendidikan pada forum multilateral PBB.

Paparan tersebut terasa menggenapi paparan Presiden terpilih Prabowo Subianto tentang program makan siang bergizi dalam momentum Qatar Economic Forum 2024, Rabu (15/05/2024). Hal ini dipaparkan Prabowo pada sesi wawancara dengan Haslinda Amin dari Bloomberg Television.

Dalam lanskap pembangunan nasional, pembangunan manusia melingkupi kesehatan dan gizi. Program MBG termasuk di dalamnya, sehingga sistem perencanaannya menjadi kewenangan Bappenas melalui Deputi Pembangunan Manusia Masyarakat dan Kebudayaan, yang kini dijabat oleh Amich Alhumami.

Pasal 4 UU Nomor 25 Tahun 2004 Tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menyebutkan dokumen tentang visi, misi, dan program kampanye Presiden dan Wakil Presiden terpilih harus dituangkan ke dalam RPJMN. 

photo
Siswa menyantap makanan saat mengikuti uji coba makan bergizi gratis di SDN Kedaleman IV, Kota Cilegon, Banten, Rabu (21/8/2024). Kepala Badan Gizi Nasional Dadan Hindaya mengatakan, Program Makan Bergizi Gratis ditargetkan menjangkau 82,9 juta penerima, mulai dari ibu hamil dan menyusui, anak balita, serta murid sekolah mulai dari PAUD hingga tingkat SMA. - (ANTARA FOTO/Angga Budhiyanto)

 

Lihat halaman berikutnya >>>

 

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement