Rabu 04 Sep 2024 15:03 WIB

Agensi Hybe Dituduh Sabotase NewJeans, Fans Lapor ke Polisi

Penggemar NewJeans telah mengajukan aduan resmi terhadap Hybe.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop NewJeans. Para penggemar NewJeans mendesak Hybe untuk berhenti menyabotase grup favorit mereka.
Foto: Dok JTBC
Grup K-pop NewJeans. Para penggemar NewJeans mendesak Hybe untuk berhenti menyabotase grup favorit mereka.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Label musik Hybe tengah menjadi pusat kritik di Korea Selatan karena dianggap menganaktirikan NewJeans. Para penggemar NewJeans, yang dikenal sebagai Bunnies, juga mendesak Hybe untuk berhenti menyabotase grup favorit mereka.

Bunnies dilaporkan telah mengajukan aduan resmi terhadap Hybe ke Kantor Polisi Yongsan di Seoul pada 2 September 2024. Aduan tersebut juga melibatkan Source Music dan Dispatch, yang dituduh telah membocorkan informasi dan pencemaran nama baik melalui artikel yang dipublikasikan.

Baca Juga

Perwakilan hukum dari Bunnies, firma hukum Opes, menegaskan bahwa Hybe sebagai perusahaan induk Ador tidak dapat mengumpulkan atau membocorkan informasi pribadi mengenai CEO dan artis anak perusahaannya secara ilegal, begitu pula dengan Source Music, anak perusahaan Hybe lainnya.

“Informasi pribadi yang dikumpulkan dan dibocorkan secara ilegal tersebut digunakan untuk menulis artikel yang menyebarkan komentar jahat tentang NewJeans. Hal ini telah merusak reputasi grup, dan kerugiannya masih terus berlanjut,” demikian keterangan firma hukum Opes seperti dilansir Hindustan Times, Rabu (4/9/2024).

CEO Ador, Min Hee-jin, sebelumnya menuduh Hybe dan girl band ILLIT telah menjiplak penampilan, koreografi, dan gaya musik NewJeans. Perseteruan ini telah berdampak besar pada para anggota grup, di mana Hybe diduga membocorkan informasi palsu dan melakukan pencemaran nama baik terhadap mereka.

Seorang pengacara di Seoul, Lee Hyun-gon, berkomentar bahwa jika percakapan Kakao Talk antara CEO Ador dan eksekutif lainnya dibocorkan oleh tim internal Hybe, maka kasus ini akan dianggap sebagai pelanggaran serius terhadap informasi pribadi.

Perwakilan dari NewJeans juga mengungkapkan bahwa tim mereka akan terus mengajukan tuntutan terhadap unggahan jahat yang menargetkan grup tersebut. Tim telah berhasil mengumpulkan seribu unggahan semacam itu dan akan terus mengambil tindakan hukum terhadap semua kasus yang dapat dituntut.

“Ketahuilah bahwa kami selalu berterima kasih kepada Bunnies. Kami menyayangi kalian. Selamat malam, Bunnies,” kata perwakilan NewJeans.

Untuk mendukung girl band favorit mereka, para penggemar mulai membuat sebuah tagar yang menjadi trending di media sosial. Hingga saat ini, para penggemar di seluruh dunia berusaha untuk melawan HYBE dan melindungi NewJeans.

Diketahui bahwa tagar “HYBE_STOP_SABOTAGING_NEWJEANS” sedang trending secara global di X. Para penggemar juga mengunggah cicitan dengan tagar tersebut disertai kata-kata manis seperti “Kami mencintaimu, NewJeans,” dan “NewJeans, jangan bersedih”.

Banyak penggemar mengambil langkah ini agar grup favorit mereka tidak “dibungkam” oleh perusahaan besar seperti HYBE. Banyak juga penggemar yang merasa gembira dan lega karena ada upaya untuk melawan perlakuan tidak adik dan kebocoran informasi pribadi yang merusak reputasi NewJeans.

Sebagai informasi NewJeans sendiri berada di bawah label Ador, yang merupakan anak perusahaan dar Hybe. Ador didirikan oleh Min Hee-jin, yang sebelumnya merupakan direktur kreatif di SM Entertainment sebelum bergabung dengan Hybe.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement