Rabu 04 Sep 2024 15:44 WIB

Negara Terkecil di Dunia, Ada Vatikan Hingga Maladewa

Paus Fransiskus menjadi kepala negara Vatikan, negara paling terkecil di dunia.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Paus Fransiskus melambai dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Vatikan menjadi negara terkecil di dunia.
Foto: AP Photo/Domenico Stinellis
Paus Fransiskus melambai dari jendela yang menghadap ke Lapangan Santo Petrus di Vatikan. Vatikan menjadi negara terkecil di dunia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus, berkunjung ke Indonesia mulai Selasa hingga Jumat (3 hingga 6 September 2024) sebagai bagian dari perjalanan apostolik di Asia. Paus Fransiskus merupakan pemimpin Gereja Katolik dunia dan sekaligus kepala negara Vatikan.

Vatikan sendiri merupakan negara terkecil di dunia dan menjadi pusat gereja Katolik. Selain Vatikan, ada juga beberapa negara yang memiliki luas wilayah kecil dan memiliki keunikan tersendiri. Berikut profil negara terkecil di dunia, termasuk Vatikan:

Baca Juga

1. Vatikan

Mengutip informasi dari laman Kemenlu, Negara Kota Vatikan dibentuk melalui Traktat Lateran (Lateran Treaty) yang ditandatangani pada tahun 1929 antara Wakil Kepala Pemerintah Takhta Suci, Kardinal Piestro Gaspari dan Perdana Menteri Kerajaan Italia, Benito Mussolini. Negara Kota Vatikan diakui sebagai badan politik yang menjamin Takhta Suci sebagai institusi tertinggi dalam Gereja Katolik sedunia dan sebagai negara berdaulat.

Negara Kota Vatikan terletak di wilayah kota Roma bagian Barat dengan luas keseluruhan 44 hektar dengan panjang 1.045 meter dan lebar 850 meter yang dibatasi oleh tembok tinggi. Selain itu, masih ada juga berbagai wilayah dan gedung yang terletak di dalam wilayah Italia yang merupakan bagian integral Negara Kota Vatikan dengan sebutan wilayah ekstrateritorial yang luarnya 700 ribu meter persegi.

Penduduk Vatikan seluruhnya berjumlah sekitar seribu orang dan menetap di sana karena pekerjaan dan jabatan. Penduduk Vatikan sendiri terdiri atas berbagai warga negara, di mana mayoritas adalah warga negara Italia. Mereka juga memperoleh Kewarganegaraan Vatikan namun berdasarkan “permanent residence” dari Pemerintah Italia yang diatur dalam Perjanjian Lateran.

Sri Paus adalah Kepala Negara Kota Vatikan dan Kepala Pemerintahan Takhta Suci. Kekuasaan tertinggi di Vatikan bersifat monarki yang dipilih secara absolut, teokratis dan patrimonial serta mempunyai kekuasaan penuh dalam hal legislatif, eksekutif, dan yudikatif. Dalam menjalankan tugasnya sebagai Kepala Negara, Paus dibantu oleh Komisi Kepausan Negara Kota Vatikan, yang mewakili Bapa Suci dalam menjalankan pemerintahan sipil Negara Vatikan sesuai dengan mandat khusus dari Paus.

Terdapat dua hirarki utama di Vatikan. Pertama, ialah hirarki keagamaan, dimana Vatikan berperan sebagai pusat agama Katolik sedunia. Kedua, hirarki pemerintahan Taktha Suci sebagai Negara, yang mengatur seluruh roda pemerintahan baik yang bersifat ke luar maupun ke dalam.

2. Monako

Monako adalah negara independen terkecil kedua di dunia. Dilansir BBC, Monako sering disebut sebagai surga bagi para konglomerat dan menjadi kawasan tempat bermain para turis karena berbagai alasan seperti Kasino Monte Carlo, deretan hotel mewah dan restoran bintang Michelin, perbelanjaan mewah, hingga cuaca dan pemandangannya.

Pariwisata merupakan sumber utama perekonomian negara, yang juga merupakan pusat perbankan utama dan sangat menjaga privasi kliennya. Yang menarik, Monako tidak memungut pajak penghasilan pada penduduknya.

Negara monarki konstitusional ini terletak di pesisir Laut Mediterania, Eropa Barat. Memiliki luas 2,02 kilometer persegi, negara ini dihuni oleh lebih sekitar 38.300 warga. Kedaulatannya secara resmi diakui oleh Perjanjian Franco-Monegasque tahun 1861, dan Monako menjadi anggota penuh Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1993. Pemimpin Monako saat ini adalah Pangeran Albert II, yang menjabat sebagai Kepala Negara Monako sejak tahun 2005 setelah kematian ayahnya Pangeran Rainier III.

3. Maladewa atau Maldives

Maladewa adalah sebuah negara republik yang terletak di sebelah barat daya sub-benua India. Negara ini terdiri dari rangkaian hampir 1.200 pulau, dengan sekitar 200 pulau tidak berpenghuni. Memiliki luas 298 kilometer persegi, negara ini dihuni oleh sekitar 530 ribu penduduk pada 2023.

Tak satupun dari pulau-pulau karang berdiri lebih dari 1,8 meter di atas permukaan laut, membuat negara ini rentan terhadap kenaikan permukaan air laut yang terkait dengan pemanasan global. Pariwisata adalah sektor utama ekonomi negara, diikuti oleh perikanan. Maladewa juga dikenal sebagai salah satu negara dengan PDB per kapita tertinggi di Asia Selatan. Islam adalah agama resmi di negara ini, dan hampir seluruh penduduknya adalah Muslim Sunni.

 

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement