Kamis 05 Sep 2024 05:33 WIB

Riset Ini Uji Warga Non Muslim Dengarkan 85 Kali Bacaan Alquran, Lihat Apa yang Terjadi

Penelitian itu bertujuan untuk menentukan pengaruh Alquran terhadap organ manusia.

Red: A.Syalaby Ichsan
Universitas BSI (Bina Sarana Informatika) kampus Sukabumi membuka program beasiswa unggulan bagi para penghafal Alquran.
Foto:

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa mendengarkan bacaan ayat suci Alquran memiliki pengaruh yang signifikan dalam menurunkan ketegangan urat saraf reflektif. Hasil ini tercatat dan terukur secara kuantitatif dan kualitatif oleh sebuah alat berbasis komputer.

Pengaruh yang terjadi menunjukkan adanya sejumlah perubahan arus listrik di otot, perubahan daya tangkap kulit terhadap konduksi listrik, perubahan pada sirkulasi darah, perubahan detak jantung, dan kadar darah pada kulit.

Perubahan tersebut menunjukkan adanya relaksasi atau penurunan ketegangan urat saraf reflektif yang mengakibatkan terjadinya pelonggaran pembuluh nadi dan penambahan kadar darah dalam kulit, diiringi dengan peningkatan suhu kulit dan penurunan frekuensi detak jantung.

Adapun seperti diketahui, bahwa stres berpotensi menurunkan imunitas tubuh. Meningkatnya stres akan menyebabkan penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi sehingga kadar darah yang mengalir di pembuluh nadi kulit pun akan turun. Begitu juga tingkat suhu kulit, sementara detak jantung akan semakin cepat.