Kamis 05 Sep 2024 06:36 WIB

MTQ Nasional ke-30 di Kaltim akan Dibuka Presiden Jokowi dan Ditutup Wapres

Presiden berpesan agar penyelenggaraan MTQ Nasional 2024 lebih baik.

Rep: Muhyiddin/ Red: Erdy Nasrul
Suasana lomba MTQ (ilustrasi)
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Suasana lomba MTQ (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional ke-30 akan dibuka secara resmi oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Kompleks Global Kadri Oneing, Sempaja, Samarinda, Kalimantan Timur, pada 8 September 2024 pukul 19.00 WIB. Festival keagamaan Islam ini akan ditutup Wakil Presiden KH Maruf Amin pada 16 September.

"MTQ ini akan dibuka Presiden Jokowi dan akan ditutup oleh Wapres Ma'ruf Amin," ujar Penjabat (Pj) Gubernur Kalimantan Timur, Akmal Malik saat jumpa pers di Jakarta, Rabu (4/9/2024).

Baca Juga

Rencananya, Presiden Jokowi akan didampingi sejumlah menteri dan duta besar negara-negara sahabat. Ada juga tamu VIP seperti kepala daerah, unsur DPRD, ketua PTQ nasional, serta tamu undangan lainnya.

"Presiden Jokowi sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh kepada panitia penyelenggara, pemerintah provinsi, bersama Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) dan juga Kementerian Agama untuk melakukan langkah pelayanan yang baik," kata Akmal.

Dia menjelaskan, Presiden Jokowi berpesan agar penyelenggaraan MTQ Nasional 2024 bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Karena itu, Pemerintah Provinsi Kalimatan Timur bersama Kementerian Agama membuat semua penyelenggaraan MTQ berlangsung full digital.

Selain itu, dalam pelaksanaan MTQ Nasional 2024 ini juga akan dilakukan pencatatan Rekor MURI dengan drone untuk konfigurasi yang terbesar di udara dengan tulisan Allah dan Muhammad.

"InsyaAllah itu akan menjadikan perhelatan MTQ 2024 terasa lebih berkah karena dengan jumlah dronenya mencapai 500 unit akan ada konfigurasi lafadz Allah SWT dan Muhammad SAW di udara Provinsi Kalimantan Timur," kata Akmal.

Dia berharap, konfigurasi drone dengan menampilkan lafadz Allah dan Muhammad di udara itu bisa menumbuhkan kecintaan umat Islam kepada Allah dan rasulnya.

"Tentunya kita berharap agar kecintaan masyarakat terhadap Allah SWT dan Nabi Muhammad SWA bisa meningkat dan lebih baik, dan ini adalah bentuk nyata dari semangat kita membangun ukhuwah Islamiyah dan meningkatkan keimanan masyarakat menjadi lebih baik,” jelas Akmal.

MTQ Nasional 2024 dipusatkan di Kota Samarinda, Kalimantan Timur. MTQ Nasional kali ini mengangkat tema "Mewujudkan Masyarakat Cinta Alquran untuk Bangsa yang Bermartabat di Bumi Nusantara". Tema ini diusung untuk mencerminkan semangat dalam menjadikan Alquran sebagai landasan moral dan spiritual bangsa, terutama di era globalisasi.

Total ada 1.998 peserta terlibat di MTQ Nasional XXX Tahun 2024. Rinciannya, 1.567 peserta inti dan 431 peserta cadangan. Mereka berasal dari 35 provinsi di Indonesia.

MTQ Nasional 2024 juga melibatkan 147 dewan hakim dan 7 dewan pengawas untuk 8 cabang musabaqah dengan 23 golongan serta 1 golongan ekshibisi yang akan diperlombakan. Terdapat 8 cabang lomba tersebut: (1) Tilawah Alquran, (2) Qiraat Alquran, (3) Hafalan Alquran, (4) Tafsir Alquran (Indonesia, Arab, Inggris), (5) Fahmil Alquran, (6) Syarhil Alquran, (7) Seni jaligrafi Alquran, (8) Karya tulis ilmiah Alquran

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement