Kamis 05 Sep 2024 08:36 WIB

Jadwal Paus Fransiskus Hari Ini, Ada Pertemuan di Masjid Istiqlal dan Misa Akbar di GBK

Paus akan mengadakan pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Ani Nursalikah
Panitia beraktivitas di Stadion Utama Gelora Bung Karno  (SUGBK) menjelang misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di Jakarta, Rabu (4/9/2024). Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar pada Kamis (5/9) besok yang akan diikuti oleh sekitar 90 ribu umat katolik dari seluruh Indonesia. Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat katolik mengelilingi SUGBK menggunakan kendaraan Popemobile. Paus Fransiskus  melakukan perjalanan keagamaan dan kenegaraan atau apostolik ke Indonesia selama 4 hari dari tanggal 3-6 September mendatang. Indonesia merupakan negara pertama yang akan dikunjungi Paus Fransiskus selama perjalanan apostoliknya selama 11 hari di kawasan Asia Pasifik.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Panitia beraktivitas di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menjelang misa akbar yang dipimpin Paus Fransiskus di Jakarta, Rabu (4/9/2024). Paus Fransiskus akan memimpin misa akbar pada Kamis (5/9) besok yang akan diikuti oleh sekitar 90 ribu umat katolik dari seluruh Indonesia. Nantinya Paus Fransiskus akan menyapa umat katolik mengelilingi SUGBK menggunakan kendaraan Popemobile. Paus Fransiskus melakukan perjalanan keagamaan dan kenegaraan atau apostolik ke Indonesia selama 4 hari dari tanggal 3-6 September mendatang. Indonesia merupakan negara pertama yang akan dikunjungi Paus Fransiskus selama perjalanan apostoliknya selama 11 hari di kawasan Asia Pasifik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Paus Fransiskus dan rombongan memasuki hari ketiga di Indonesia. Ia telah melakukan serangkaian kegiatan sebelumnya.

Pada hari ini, Kamis (5/9/2024), Paus juga bakal menjalani beberapa acara penting yang sudah terjadwal. Dalam rundown resmi yang dibagikan ke awak media, pada pukul 09.00 WIB pemimpin tertinggi Gereja Katolik sedunia itu akan mengadakan pertemuan antaragama di Masjid Istiqlal, Jakarta.

Baca Juga

Dari Istiqlal, Paus menuju Kantor Konferensi Wali Gereja Indonesia (KWI). Di sana, ia melakukan dialog dengan penerima manfaat organisasi amal. Pertemuan ini dimulai sejak pukul 10.15 WIB.

Setelahnya, jeda panjang. Bakal ada misa akbar pada sore harinya di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK). Stadion Madya juga menjadi tempat penampungan umat yang akan mengikuti misa tersebut.

Pada pukul 16.15 WIB, Paus menyapa umat dengan Popemobile di GBK. Prosesi ini berlangsung kurang lebih selama setengah jam. Lalu, Paus menuju Sakristi (16.45 WIB).  Kemudian, pada pukul 17.00 WIB, misa dimulai. Demikian keseluruhan rangkaian kegiatan yang akan dijalani Kepala Negara Vatikan itu sepanjang hari ini.

Kunjungan Paus Fransikus ke Indonesia saat ini mengusung moto: Faith, Fraternity, Compassion, atau iman, persaudaraan, bela rasa. Indonesia menjadi negara pertama yang didatangi Paus dalam rangkaian perjalanan ke Asia Pasifik. Tepatnya dari tanggal 3-6 September 2024. Sesudah itu, Paus menuju Port Moresby (Papua Nugini) dan Vanimo dari tanggal 6-9 September 2024. Berlanjut ke Dili (Timor Leste) dari 9-11 September 2024, dan Singapura dari 11 hingga 13 September 2024.

Paus Fransiskus merupakan Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang mendatangi bumi pertiwi pada 3-4 Desember 1970. Sembilan belas tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Sekarang sesudah 35 tahun, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke negara terbesar di Asia Tenggara ini.

Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC, menyatakan Gereja Indonesia sangat bersyukur dan bersukacita menyambut kedatangan Paus Fransiskus. "KWI bekerja sama dengan Nunsius Apostolik Tahta Suci Vatikan untuk Indonesia membentuk panitia pada bulan April 2024 dan sudah mempersiapkan segala sesuatu sampai saat ini," kata Antonius, dalam keterangan resminya yang diterima Republika.co.id, ditulis pada Selasa (3/9/2024).

Ada 56 Panitia Inti dan 107 relawan inti terlibat dalam persiapan ini. Bersama panitia, KWI bekerja sama dengan pemerintah dan otoritas yang berwenang untuk mengatur logistik, koordinasi keamanan, transportasi, protokol kesehatan, dan publikasi media. Antonius menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada pemerintah Indonesia yang telah menunjukkan kesungguhan hati dalam menyambut Paus, pemimpin Gereja Katolik yang juga kepala negara Vatikan.

 

Frederikus Bata

Dari tokoh ramai dibicarakan ini, siapa kamu jagokan sebagai calon gubernur DKI Jakarta 2024

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement